Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McLaren 540C Termurah Meluncur di Shanghai

Kompas.com - 21/04/2015, 08:06 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif - McLaren memilih Shanghai Auto Show 2015 untuk meluncurkan produk terbarunya 540C. Sedan sport ini terasa spesial karena menjadi varian termurah yang pernah dijual merek asal Inggris tersebut.

Meski disebut paling murah, bukan berarti sedan sport ini bisa dibeli siapa saja. Model ini bisa diboyong konsumen yang tetap berkantong tebal. McLaren menjadikan 540C model eksklusif dengan banderol mulai 126.000 pound (Rp 2,42 miliar). Itu bukan harga "biasa" yang dikeluarkan untuk membeli mobil baru.

Desain 

Masih tergabung dalam keluarga Seri Sport McLaren, 540C menawarkan kemampuan mumpuni meskipun harganya relatif lebih murah ketimbang model sebelumnya. Kalau dibandingkan dengan kakak 570C yang lebih mahal, model baru ini menawarkan sensasi aerodinamika sedikit berbeda.

Desain berbeda juga terlihat dari bentuk pelek 19 inci (depan) dan 20 inci (belakang) yang dikenakan 540C. Meski menjadi model termurah, sedan sport ini tetap punya standar premium yang ditawarkan di setiap model McLaren. Jadi hilangkan kesan murahan pada McLaren 540C, karena setiap material yang digunakan dari bagian mobil ini dibuat dengan standar premium tinggi.

Lantas mengapa mobil ini bisa lebih murah? Satu-satu jawaban yang logis adalah tenaga yang ditawarkannya!

Catalin Garmacea/Autoevolution Setiap material yang digunakan tetap berkualitas premium.

Mesin 

McLaren membekali 540C dengan mesin sama 3.8 liter, V8, turbo ganda yang juga digunakan pada 570S dan 650S tapi dengan tenaga yang lebih "jinak" ketimbang kedua kakak tertuanya. Melalui transmisi 7-percepatan Seamless Shift Gearbox (SSG) tenaga yang ditawarkan, 540 tk dan torsi 540 Nm.

Kemampuan ini membuat 540C diklaim bisa melesat 0-100 kpj hanya dalam 3,5 detik. Periode 0-200 kpj bisa dicapai dalam 7 detik, sampai menyentuh kecepatan maksimum yang dikunci secara elektrik hingga 320 kpj. Menurut McLaren, rata-rata konsumsi mobil sport ini diklaim 9 kpj dengan emisi Karbondioksida 258 gram per km.

Sport Harian

Dibanding 570C, McLaren 540C didesain lebih ideal untuk dikendarai sebagai mobil harian. Alasan ini membuat konstruksi sok dan tinggi pengemudi disesuaikan lebih nyaman, sehingga Anda tetap bisa mengantar anak ke sekolah tanpa harus sakit punggung.

McLaren baru mau mulai mengirimkan unit perdana 540C dilakukan awal 2016. Tapi, buat yang niat membeli, bisa langsung memesan sekarang juga.

Catalin Garmacea/Autoevolution Desainnya mirip dengan 570C, tapi punya detail berbeda.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com