Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kreator Ducati 916 Tewas Mengenaskan

Kompas.com - 02/07/2014, 12:10 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Genoa, KompasOtomotif - Ducati tengah berkabung atas wafatnya Sergio Robbiano, 48, salah seorang kreator Ducati 916. Ia tewas dalam kecelakaan sepeda motor di Genoa, Italia, pekan lalu. Robbiano adalah murid terbaik desainer ternama Massimo Tamburini, yang sudah lebih dulu meninggal karena penyakit kanker.

Menurut laporan, Robbiano kehilangan kendali di atas sepeda motornya dan menabrak truk yang melintas dari arah berlawanan, hingga tewas di tempat. Pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan, guna mengetahui penyebab kecelakaan.

Dalam karirnya, Robbiano bersama Tamburini menghadirkan 916 menggunakan salah satu mesin ikonis sepeda motor asal Italia itu, yakni 888. Sepeda motor tersebut tercipta berkat bantuan Pusat Penelitian Cagiva di San Marino.

Ducati 916 merupakan salah satu model spesial, karena disiapkan untuk memperingati mendiang pebalap F1, Ayrton Senna.

Robbiano juga terlibat dalam pembuatan beberapa model ternama di luar Ducati, antara lain Cagiva Mito Ev 125, Bimota 500 V2, dan DB5. Juga, masih ada beberapa model Aprilia dan Husqvarna. Ia juga berkarir sebagai desaner helm AGV, merek yang mensponsori Valentino Rossi.

Lahir di sebelah selatan Italia, Palermo, Robianno tinggal di bagian utara negeri, Genoa. Sama seperti mentor sekaligus teman baiknya, Massimo Tamburini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com