Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Pecat Tiga "Top" Eksekutif karena Lalai

Kompas.com - 09/06/2014, 19:25 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Reuters
Detroit, KompasOtomotif - General Motors (GM) mengambil langkah tegas setelah pengalaman pahit yang dialaminya, terkait kampanye perbaikan massal (recall), jutaan unit mobil di Amerika Serikat. Chief Executive Officer GM, Mary Barra, memerintahkan penyelidikan langsung menyangkut masalah ini.

Februari lalu, GM mengumumkan recall terhadap 2,6 juta unit kendaraan karena masalah saklar pengapian. Kasus ini mengakibatkan 47 kecelakaan dan merenggut 13 nyawa. Maret lalu, Barra, mengumumkan langkah investigasi akan dilakukan netral dengan menunjuk Jenner & Block, di bawah pimpinan langsung Anton Valukas, selaku presdir lembaga konsultan itu.

Kini setelah penyelidikan dilakukan, sumber internal menyatakan, kalau produsen mobil terbesar asal Amerika Serikat itu baru saja memecat 15 pegawai yang telibat langsung terkait masalah tersebut. Dari belasan orang itu, termasuk di antaranya, seorang wakil presiden dan dua direktur.

Ketiga level eksekutif yang dipecat, adalah Michael Robinson, Wakil Presiden GM Bidang Lingkungan, Keberlanjutan, dan Hubungan Regulator. Selanjutnya, Direktur Jenderal Keamanan dan Nilai Kendaraan, Gay Kent, dan Direktur Investigasi Produk dan Regulasi Keamanan, M Carmen Benavides.

GM tidak mau merinci siapa-siapa saja yang masuk dalam daftar orang yang dianggap bertanggung jawab atas masalah ini. Tapi, Barra hanya menyebutkan salah satunya, Ray DeGiorgio, insinyur yang mendesain saklar pengapian itu dan Gary Altman, Kepala Rancang Bangun Chevrolet Cobalt, dan Saturn Ion, yang masuk dalam daftar pemecatan. Kedua model itu berkontribusi paling banyak dalam kendaraan yang wajib diperbaiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com