Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil "Hybrid" Toyota Akan Lebih Efisien

Kompas.com - 21/05/2014, 14:25 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Sumber autonews
Tokyo, KompasOtomotif — Toyota mendapatkan penemuan baru yang bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar pada mobil hibrida. Penemuan ini adalah chip dengan bahan silikon karbida (SiC) yang terpasang di dalam power unit control (PCU).

PCU bertugas mengelola pengiriman daya listrik baterai dan motor listrik. Materi silikon karbida bisa mengurangi daya yang menyusut saat dikelola oleh PCU. Selain itu, ukuran chip yang lebih kecil mengurangi bobot PCU dari 14 kg menjadi hanya 4 kg.

“Dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar, kuncinya adalah meningkatkan efisiensi tenaga chip. Daya yang hilang sekitar 25 persen pada pemakaian chip model lama sekarang bisa dikurangi menjadi lebih kecil," ujar Kimimori Hamada, GM Project Toyota Electronics Development Division, seperti dilansir Autonews, Rabu (21/5/2014).

Toyota bekerja sama dengan Denso dalam pengembangan prototipe PCU semikonduktor SiC ini. Hasil uji coba sementara sudah mendapatkan peningkatan efisiensi bahan bakar sebanyak lima persen. Namun, Hamada meyakini bahwa angka ini bisa digandakan menjadi 10 persen.

Pada tahap awal, chip dengan silikon karbida ini akan dipasangkan di model Prius. Selanjutnya, semua varian hybrid Toyota akan menggunakan teknologi chip baru ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber autonews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com