Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Baru Toyota Janjikan Lebih Irit Bahan Bakar

Kompas.com - 11/04/2014, 18:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Toyota resmi memperkenalkan sepasang mesin “kecil” 3-silinder terbaru di Jepang, Kamis (10/4/2014). Produsen otomotif terdepan itu mengatakan, keduanya bakal disematkan ke 14 varian ber-platform terbaru, Toyota New Global Architecture (TNGA), pada 2015. Toyota mengklaim mesin ini memiliki efisiensi bahan bakar yang terbaik.

Keduanya jenis mesin yang tidak menggunakan induksi, supercharger atau turbocharger, atau lebih dikenal dengan istilah naturally aspirated. Teknologi yang digunakan adalah injeksi langsung. Paling besar berkapasitas 1.3 liter, sementara yang satunya 1.0 liter. Sudah kompatibel dengan aplikasi fitur stop-start. Bila digunakan, diklaim mesin 1.3 liter tipe baru bisa lebih irit hingga 15 persen, dibanding dengan tipe jantung pacu dengan kapasitas sejenis. Sedangakan untuk tipe 1.0 liter bisa memangkas sampai 30 persen.

Dikembangkan bersama Daihatsu dengan menggunakan mesin siklus Atkinson, yang lebih mengutamakan efisiensi, tanpa mengorbankan hasil tenaga.

Solusi
Kolaborasi siklus Atkinson tanpa disertai sistem hibrida memang baru pertama kali dilakukan oleh Toyota. Namun kekurangannya, tenaga yang dihasilkan tidak bisa terlalu besar. Pada hibrida kelemahan ini ditutupi dengan pemakaian mesin sekunder. General Manager of Powertrain Planning Toyota Motor Corporation, Shouji Adachi, mengungkapkan solusi terhadap masalah itu sudah ditemukan.

“Selalu ada tantangan, berkurangnya performa karena torsi. Tapi di mesin baru ini, kami mampu menyelesaikan isu tersebut,” ujar Adachi kepada Automotive News.

Toyota mengatakan tujuannya memenuhi regulasi tingkat ekonomis bahan bakar yang semakin ketat. Selain itu kehadiran mesin ini membuat lebih bersaing dengan dengan rival asal Jepang lainnya yang sudah punya teknologi canggih pada mesin “kecil”, seperti Honda dengan Earth Dreams dan Mazda bersama Skyactiv. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com