Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Innova Menciut dari Indonesia

Kompas.com - 06/05/2014, 18:01 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Meski secara keseluruhan kinerja ekspor Toyota Indonesia terbilang naik 6 persen, tapi salah satu model andalannya, Kijang Innova, justru menciut. Kuartal pertama tahun lalu ekspor salah satu ikon Toyota Indonesia itu mencapai 5.342 unit, sedangkan tahun ini menciut 28,2 persen menjadi tinggal 3.834 unit.

Bob Azam, Kepala Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, penurunan ekspor Innova terjadi karena imbas penurunan penjualan di Thailand. Kondisi ini membuat Thailand sebagai salah satu negara tujuan ekspor Innova di wilayah ASEAN menurun.

Target
Toyota Indonesia, lanjut Bob, tetap optimis mencapai target ekspor yang ditetapkan tahun ini, yaitu naik 29,7 persen menjadi sekitar 152.000-an unit dari tahun lalu 181.355 unit, terdiri dari Fortuner, Innova, Vios, Yaris, Avanza, Rush, dan Town Ace.

Dijelaskan, seluruh negara dengan pasar berkembang seperti Thailand, India, China, termasuk Indonesia tengah menambah kapasitas produksi mobilnya guna menyambut pertumbuhan di masing-masing pasar domestiknya.

"Masalahnya, kondisi pasar lagi menurun. Artinya, setiap negara yang punya basis produksi akan berlomba-lomba mencari negara tujuan ekspor baru, jadi persaingan memang ketat," beber Bob.
Ke depan, Toyota Indonesia akan mengandalkan Fortuner dan Vios untuk diekspor ke luar dengan komposisi tiga berbanding satu dengan pasokan lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com