Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Beijing Motor Show 2014

Asia akan Jadi Kiblat Baru Otomotif Global

Kompas.com - 23/04/2014, 07:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Beijing, KompasOtomotif - Nissan Motor Company (NMC) memprediksi, kalau kiblat otomotif global yang selama ini condong ke barat akan segera berubah ke Asia. China sebagai motor utama perkembangan pasar otomotif dunia, akan memelopori pergeseran ini menuju timur disokong oleh negara lain seperti India dan kawasan Asia Tenggara.

Hal ini disampaikan Andy Palmer, Chief Planning Officer Nissan Motor Company (NMC) di Beijing, China, (20/4/2014). Dijelaskan, pergeseran ini disebabkan oleh terjadinya hal serupa pada pengguna produk otomotif di dunia, dari era generasi Baby Boomer yang lahir di era 1946-1964 menjadi Generation X (1960-an sampai awal 1980-an).

Ketika generasi Baby Boomer berkuasa dalam hal industri dan pasar, kiblat otomotif global mutlak berasal dari Amerika Serikat dan Eropa saja. Kini, dengan populasi warga Asia yang besar, termasuk jumlah usia produktif membuat dunia timur mulai punya pengaruh.

"Misalnya ketika mau masuk China, kalau hanya membawa budaya dari Eropa, tidak akan bisa menerima. Justru tren itu akan datang dari timur," jelas Andy.

Buktinya, sudah banyak perusahaan prinsipal otomotif global "takluk" dari kekuatan China dengan memutuskan menciptakan produk khusus. Perkembangan tingkat kualitas hidup yang punya pengaruh langsung cita rasa konsumen di China.

"Justru kami mendorong, kepala pemasaran dan mengirimnya ke China (untuk belajar), mendorong mereka supaya benar-benar mengerti pada generasi yang lagi kita tunggu," tutup Andy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com