Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Beijing Motor Show 2014

Rahasia di Balik Nissan X-Trail Terbaru

Kompas.com - 22/04/2014, 08:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Beijing, KompasOtomotif - Ketika KompasOtomotif mendapat undangan resmi dari Nissan Motor Corporation (NMC), ada tawaran menarik untuk berbicara langsung dengan Mamoru Aoki, Direktur Desain Eksekutif NMC.

Dalam kesempatan ini, awak redaksi mencoba untuk sedikit lebih fokus membahas generasi terbaru X-Trail. Pasalnya, SUV menengah itu sebentar lagi akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan.

Dijelaskan, desain baru X-Trail merupakan cerminan sambutan positif yang diterima dari beberapa negara lain. "Bentuk baru X-Trail merupakan gabungan dari tiga model sekaligus, yakni Rough, Qashqai, dan model itu sendiri. Ini mengapa alasan X-Trail bisa diterima baik konsumen," beber Mamoru Aoki.

Dengan konsep "three-in-one" ini, Nissan mengaku berhasil melahirkan kembali X-Trail karena ditopang sumber dana yang positif. Kesulitannya adalah menemukan desain ideal yang mampu mengapresiasi keinginan konsumen dari model-model sebelumnya. "Kami mengompensasi antara keinginan interior yang lapang dengan tampilan eksterior tetap sporty," lanjut Aoki.

Agung Kurniawan Mamoru Aoki, Direktur Desain Eksekutif NMC.
Identitas Baru
Selain berhasil menggabungkan tiga model sekaligus, X-Trail juga mulai menggunakan identitas baru perusahaan. Desain gril dengan bentuk "V-shape" dan lampu seperti bumerang. Dalam jangka waktu menengah, semua modal Nissan akan menggunakan gaya desain serupa
untuk model lain.

"Untuk Indonesia, X-Trail akan ditawarkan dalam konfigurasi jok tiga baris, sesuai dengan karakteristik konsumen di sana," beber Aoki.'.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com