Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pininfarina Kejar Keuntungan Tahun Ini

Kompas.com - 24/03/2014, 17:14 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber inautonews
Cambiano, KompasOtomotif - Rumah desain otomotif ternama, Pininfarina, berharap kondisi keuangan perusahaan lebih baik tahun ini. Perusahaan yang berkantor pusat di Cambiano, Italia, berharap mengantongi keuntungan lebih baik dari penurunan setahun sebelumnya.

Tahun ini, perusahaan mengejar omzet positif setelah dua tahun merugi, 3,3 juta euro pada 2013 dan 8,3 juta euro pada 2012. Pada 2013, Pininfarida melaporkan laba bersih perusahaan turun menjadi 10,4 juta euro, dari tahun sebelumnya (2012) yang mencapai 32,9 juta euro. Kala itu (2012), nilai saham perusahaan sempat melesat 13 persen, mencapai 5,33 euro per lembar saham, tertinggi sejak 2011.

Selama ini Pininfarina banyak menciptakan desain mobil-mobil premium lansiran beberapa merek dunia, seperti, Rolls-Royce, Ferrari, Maserati, Peugeot, Fiat, GM, dan Cadillac.

Tahun ini, salah satu model hasil kreasi mereka yang cukup banyak menyita perhatian mata dunia, adalah BMW Pininfarina Gran Lusso Coupe, yang dipamerkan di Geneva Motor Show, awal Maret lalu. Meskipun penampilan perdana sudah dilakukan di Concorso d’Eleganza Villa d’Este, tetap saja mengundang decak kagum pengunjung pameran.

Non mobil
Selain mobil, Pininfarina juga mendesain kendaraan massal lain, seperti kereta, bus, kapal pesiar, sampai pesawat terbang. Kemampuannya mendesain produk mulai dari nol sampai komposisi bahan, aerodinamika, dan tampian yang keren.

Pininfarina didirikan mulai 1930 di Torino, Italia. Perusahaan ini sempat mengalami masa kejayaan pada 2006 dengan mempekerjakan 2.768 pegawai dan menyusut pada 2012 tinggal 821 orang pegawai saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber inautonews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com