Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siapkan "Wajah" Innova dan Fortuner Baru

Kompas.com - 11/03/2014, 14:40 WIB
Agung Kurniawan,
Donny Apriliananda

Tim Redaksi

Jakarta, KompasOtomotif – Dua hari terakhir, beberapa media di India mengabarkan bakal ada perubahan wajah Innova dan Fortuner. Keduanya memakai platform yang disebut sebagai proyek Innovative Multipurpose Vehicle (IMV). Konon keduanya bakal menggunakan "baju" baru yang otomatis akan mengubah tampilan sebagai generasi anyar.

Di Indonesia, PT Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN) ditugasi untuk memproduksi baik untuk konsumen lokal maupun ekspor. Begitu pula dengan India yang juga meraup untung dari dua model tersebut yang dirakit di pabrik Toyota Kirloskar.

Sejak 2002-2003, Innova belum juga mendapat ubahan berarti. Begitu pula dengan Fortuner yang muncul pertama kali pada 2005. Hingga saat ini hanya ubahan kecil yang menyertai perjalanan keduanya, alias  facelift bahkan sampai beberapa kali.

Sumber di India mengatakan, keduanya (plus Hilux) sedang dalam pengembangan dan akan muncul model baru tahun ini. Platform baru disiapkan, disebut Toyota New Global Architecture (TNGA) sebagai platform modular.

Konsepnya akan sama seperti MQB pada Volkswagen dan akan dipakai berbagai model. Dengan menggunakan TNGA, Toyota bisa lebih memangkas biaya produksi dan mereguk lebih banyak untung, sekaligus semakin fleksibel mengembangkan produk baru.

Sudah Dekat?
Kabar dari India berbanding lurus dengan di Indonesia. Sebagai negara pertama pemrakarsa Innova yang berawal dari Kijang, ternyata sudah ada model baru yang sedang disiapkan. Sumber KompasOtomotif menyebut bahwa IMV akan berstatus ”all-new” dalam waktu dekat.

Meski tak menyebut soal platform baru, tapi kata-kata ”all-new” dipastikan tak hanya wajah yang berubah, tetapi juga konsep dasar. ”Sudah disiapkan, dan saya sudah lihat clay modelnya (versi mock up dari tanah liat),” ujar sumber kepada KompasOtomotif.

Tentu, model baru dari IMV Toyota itu sudah lama ditunggu. Dengan usia tak lagi muda dan tuntutan calon konsumen yang menginginkan penyegaran produk, kemungkinan besar model baru akan hadir lebih cepat dari yang kita duga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com