Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Agya Dikekang Peraturan Pemerintah

Kompas.com - 08/01/2014, 08:04 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Zulkifli BJ Harga Agya tidak bisa dinaikkan begitu saja, harus dijaukan ke Pemerintah

Jakarta, KompasOtomotif- Nilai tukar rupiah yang terus melemah terhadap dollar AS menyebabkan sejumlah produsen mobil dan sepeda motor di Indonesia gerah. Salah satunya adalah Toyota. Pasalnya, bahan baku yang digunakan untuk merakit mobil masih mengandalkan impor yang dibayar dengan dollar atau yen tergantung pasokan asalnya. 

Akibatnya, proyek mobil hemat energi dan harga terjangkau (LCGC) yang diluncurkan September lalu menghadapi dilema. Pasalnya, pemerintah menentapkan harga tertinggi, sedangkan sebagian besar bahan baku untuk mobil ini masih diimpor.  

Toyota Agya, berdasarkan patokan pemerintah, harga maksimalnya Rp 95 juta belum dikenakan pajak. Agya juga sudah memanfaatkan kompensasi yang ditawarkan pemerintah. Toleransi harga lebih tinggi sampai 25 persen dengan kelengkapan kenyamanan dan keselamatan, antara lain transmisi otomatis (AT), kantung udara ganda (dual airbags) dan rem anti-ngeblok (ABS). Akibatnya, harga Agya sampai ke tangan konsumen bisa mencapai Rp 120,75 juta (on the road Jakarta) untuk varian G A/T TRD.

Berbeda dengan kembarannya Daihatsu Ayla, menjauh dari banderol maksimal pemerintah. Daihatsu Ayla dijual dari harga paling dasar Rp 76,5 juta sampai Rp 114, 15 juta "on the road" Jakarta.

Pemerintah
"Sejauh ini, Toyota belum melihat kenaikkan dulu untuk Agya. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Keuntungan hanya salah satu pertimbangan," jelas Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor kepada KompasOtomotif,semalam (7/1/2014).

Untuk menaikkan harga Agya, Toyota harus mengajukan kepada pemerintah, yaitu Kementerian Perindustrian untuk meninjau ulang batas maksimal harga jual. Harga acuan bisa berubah jika dipengaruhi beberapa faktor, antara lain inflasi, BI Rate, nilai tukar rupiah terhadap dollar dan kondisi ekonomi Indonesia.

Dari berbagai varian, harga Agya pada awal tahun ini tetap seperti semula, mulai dari  Rp 99,9 juta-Rp 120,75 juta (on the road Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com