Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga "Mobil Murah" Segera Naik!

Kompas.com - 24/12/2013, 07:18 WIB
Agung Kurniawan

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
 — Bagi Anda yang ingin membeli mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC), segera pesan dan pastikan transaksi. Pasalnya, label "murah" pada produk ini segera sirna menyusul rencana untuk menaikkan harga yang sedang dipersiapkan pemerintah dan APM.

Harga dasar yang ditentukan oleh pemerintah Rp 95 juta off-the road ternyata menurut tiga APM yang memasarkan, yaitu Toyota, Daihatsu, dan Suzuki, sudah membuat mereka berteriak karena nilai tukar rupiah yang semakin loyo terhadap dollar AS. Sementara itu, bahan baku diimpor dan harus dibayar dengan dollar. Begitu kurs sedikit bergerak, keuntungan produsen langsung menciut.

"Saat ini, mereka (Toyota, Daihatsu, dan Suzuki) jual rugi. Semua sudah berteriak. Jadi, waktu beli LCGC yang tepat, ya sekarang!" ujar Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), di Kantor Pusat Kemenperin, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2013).

"Januari nanti saya konsultasi dengan beberapa ekonom nasional menilai kondisi ini. Hitungan meleset karena dollar AS terus menguat," lanjut Budi.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com