Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Izin Mengemudi untuk Remaja Diperketat!

Kompas.com - 20/12/2013, 11:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis



New York, KompasOtomotif — Kekhawatiran orangtua di Amerika Serikat (AS) dengan gaya hidup remaja menghasilkan keputusan baru yang menyangkut mengemudikan mobil. Pasalnya, anak muda yang keranjingan pada ponsel atau peranti keras semacamnya membuat mereka kerap kurang berkonsentrasi di balik kemudi. Dengan begitu, berpotensi mencelakakan diri mereka sendiri dan pengguna jalan lain.

Hasilnya, 38 negara bagian di seluruh AS sepakat mengizinkan orangtua untuk memasang alat pemantau di kabin mobil guna mengurangi penggunaan ponsel (baik bicara maupun SMS) saat mengemudi, termasuk memantau gaya mengemudi anak-anak mereka ketika di dalam mobil.

Kini alat ini disediakan oleh perusahaan asuransi, salah satunya Esurance. Semacam peranti lunak yang memungkinkan para orangtua untuk memblokir beberapa kelengkapan fitur pada mobilnya. Paling keren, bisa benar-benar menghentikan pembicaraan pada ponsel ketika mobil mulai bergerak.

"Teknologi ini mampu mengubah sudut pandang orang terhadap asuransi dan kami terus melanjutkan semangat perusahaan dengan Esurance DriveSafe. Alat inovatif ini bisa mencegah remaja untuk ber-SMS dan mudah-mudahan bisa mengurangi risiko kecelakaan di jalan," papar Gary Tolman, Preisden sekaligus CEO Ensurance, seperti dilansir Inautonews, Kamis (19/12/2013).

Gubernur New York Andrew Cuomo mengatakan, Departemen Pelayanan Keuangan juga sudah menyetujui program ini. Di bawah lembaga asuransi (Esurance), pemegang tanggung jawab (orangtua) diperbolehkan memasang alat ini pada mobil anak remaja mereka, termasuk aplikasi yang wajib diunduh di ponsel masing-masing anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com