Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Anti-SMS Saat Mengemudi Gaya Presiden Barack Obama

Kompas.com - 30/12/2009, 14:06 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Perhatian Presiden Amerika Serikat terhadap keselamatan lalu lintas di negaranya begitu tinggi. Salah satu bukti, ia mulai hari ini memerintahkan situs web Distracted Driving untuk mulai bekerja. Situs ini menyampaikan iklan dan kampanye yang mengharapkan agar para pengemudi selalu fokus mengemudi selama meluncur di jalan raya.

Para pengemudi diminta menghindari kegiatan lain selama mengemudi. Mereka harus fokus pada mengemudi saja. Presiden Obama menilai kampanye ini terus digalakkan karena angka kecelakaan akibat pengemudi tidak fokus makin tinggi. Salah satunya, sembari mengemudi, banyak pengemudi mengetik teks SMS pada telepon seluler dan mengirimkannya.

Pegawai pemerintah
Cara pemerintah Obama mengampanyekan fokus mengemudi cukup menarik. Perintah utama diberikan kepada 4 juta pegawai pemerintah federal. Mereka dilarang menulis dan mengirim SMS saat mengemudi. Hal tersebut efektif berlaku pada Rabu ini.

Kebijakan diteruskan kepada kontraktor federal atau lembaga lain yang berbisnis dengan pemerintah.

“Saya bangga dengan pemerintah federal dalam memberi contoh dan mengajak yang lain untuk memikirkan masalah keselamatan di lingkungan terdekat, apakah melalui karyawan, kampanye peduli keselamatan atau hanya memberikan penjelasan kepada pengemudi yang masih berumur belasan tahun, untuk mengetahui risiko lalu lintas,” ungkap Sekjen Transportasi Amerika Ray LaHood.

Ia pun mengerahkan 58.000 karyawan Departemen Transportasi untuk melaksanakan langsung perintah khusus Obama tersebut sejak awal Oktober lalu. Karena itu pula, situs Distraction.gov resmi tayang sejak kemarin.

“Setiap saat, pandangan orang bisa saja lengah. Kendati hanya beberapa detik, mereka menciptakan bahaya bagi diri sendiri dan orang lain,” kata LaHood. Ia menambahkan, pengemudi yang tidak fokus sangat berbahaya dan tidak bertanggung jawab.

Makin tinggi
Berdasarkan data yang dikeluarkan Lembaga Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat, hampir sekitar 6.000 orang mati tahun lalu akibat tabrakan. Penyebabnya, pengemudi tidak fokus saat mengemudikan kendaraannya. Kekhawatiran makin tinggi karena pengemudi yang menggunakan telepon seluler terus meningkat.

Karena itu pula, tiga negara bagian di Amerika mulai 1 Januari mendatang melarang pengemudi mengetik SMS ketika mereka mengemudikan mobil. Ketiga negara bagian tersebut adalah New Hampshire, Oregon, dan Illinois.

Beberapa perusahaan juga mulai mengikutnya. Chrysler Group LLC bulan ini mengeluarkan larangan untuk mengirim SMS bagi setiap karyawan yang menggunakan telepon seluler fasilitas kantor saat mengemudikan kendaraan sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com