Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Indonesia Belum Tertarik Mobil Murah

Kompas.com - 18/01/2013, 15:41 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Beratnya persyaratan Low Car Green Car (LCGC) - meski hingga kini masih belum disahkan pemerintah - yang mewajibkan produsen harus merakit di Indonesia, membuat Mazda Motor Indonesia (MMI) belum berniat menghadirkannya. Meski, Mazda sendiri punya 2 model yang cocok seperti Mazda1 yang memang dipersiapkan bersaing dengan Tata Nano dan VW Up!. Selain itu ada juga Mazda2 dengan mesin SkyActiv berkapasitas 1,3 liter.

"Walaupun peraturan LCGC belum disahkan, melihat rencana bisnis Mazda  2 tahun ke depan, kami (MMI) belum ada rencana melakukan perakitan di Indonesia. Jadi rasanya hampir tidak mungkin untuk mengikuti program tersebut dalam waktu dekat," ungkap Keizo Okue usai media gathering di Wisma Mulia, Jakarta, kemarin (17/1). Jika ternyata ke depannya MMI mampu mengembangkan bisnis dengan cepat, lanjut Okue, tidak menutup kemungkinan akan ada investasi tersebut di Tanah Air.

Menanggapi bakal hadirnya Mazda2 SkyActiv ke Indonesia dirinya masih bungkam. Varian tersebut sebenarnya sudah cocok dengan syarat mobil murah di Tanah Air yang harus punya konsumsi 22 kpl. Karena menurut klaim yang ditulis Autocar.co.uk, dari hasil ujicoba konsumsi BBM mencapai 30 kpl.

Angka tersebut tentunya didapat dari teknologi SkyActiv  yang memiliki rasio kompresi hingga 14:1. Selain itu ditunjang pula dengan katup variabel ganda sekuensial ( dual sequential valve timing system) dan injektor yang memiliki 6 lubang untuk menghasilkan pengabutan bensin yang optimal. Belum lagi ditambah dengan sistem start-stop yang sangat cocok dengan kondisi kemacetan yang makin parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com