Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Washington Genjot Pajak Lewat Kamera Pengawas

Kompas.com - 29/12/2012, 09:30 WIB

Washington, KompasOtomotif - Pemerintah kota Washington DC akan menambah 130 kamera pengawas yang dipasang di beberapa titik, termasuk persimpangan jalan. Meski harus menggelontorkan dana yang besar, tetapi pengeluaran itu bisa balik modal bahkan menuai keuntungan dari hasil pelanggaran.

Dilaporkan, Pemerintah Ibukota Amerika Serikat itu berhasil meraih pendapatan 85 juta dollar AS (Rp 821,2 miliar) dari berbagai jenis pelanggaran lalu lintas. Jumlahnya diyakini bisa berlipat ganda dengan penambahan kamera pengawas dan Pemerintah Washington menurunkan nilai denda.

Menurut surat kabar Washington Examiner, kamera tambahan itu bukan hanya untuk menangkap kendaraan yang melewati batas kecepatan dan menerobos lampu merah. Tetapi juga kendaraan yang  parkir  di rambu dilarang Stop dan tetap menerabas zebra cross.

Keuntungan lain dengan penambahan itu diklaim berhasil menurunkan tingkat fatalitas di jalan dari 72 kejadian di 2001 menjadi tinggal 32 peristiwa pada tahun lalu. Meskipun, kritikan masyarakat terus mengalir karena menilai motivasi utama pemerintah adalah mengejar pemasukan pajak dengan menggenjot denda pengguna jalan.

Jika kebijakkan ini dilakukan di Jakarta, sepertinya Kepolisian bisa kaya mendadak! Melihat banyaknya pelanggaran yang terjadi di jalanan, terutama pengguna sepeda motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com