Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bosch Lepas Saham Denso Rp 13,3 T

Kompas.com - 09/11/2012, 06:53 WIB

Frankfurt, KompasOtomotif - Produsen komponen terbesar di dunia Robert Bosch memutuskan untuk melepas seluruh kepemilkan sahamnya  di Denso Corporation senilai 1,1 miliar euro (Rp 13,5 triliun) mengakhiri investasi setelah 60 tahun, sekaligus juga ekuitas bersama, tetapi kerja sama tetap dilanjutkan.

Bosch mengaku sengaja melepas 46 juta lembar saham kepemilikan Denso untuk menambah dana perusahaan sekaligus menyiapkan rencana masa depan dan akuisisi baru. "Secara strategis menahan kepemilikan saham bukan opsi yang tepat buat kami. Kami berusaha untuk mengurai dan berencana menambah investasi dan akuisisi di semua segmen," beber Rene Ziegler juru bicara Bosch di Gerlingen, Jerman.

Hingga kini, Bosch masih mengandalkan komponen otomotif sebagai pemasukan utama dan berusaha memperluas bisnisnya di bidang teknologi sampai kesehatan. Kedua perusahaan (Bosch dan Denso) telah melakukan kerja sama  sejak 1953. Dengan berjalannya waktu, Denso memposisikan diri sebagai kompetitor seiring penjualan yang terus meningkat dari Toyota dan Honda menjadikannya produsen komponen otomotif terbesar kedua di dunia di bawah Bosch.

"Jika Anda saat ini produsen komponen terbesar di dunia, apakah mitra dengan yang lain benar-benar langkah strategis ? Melihat besarnya operasional perusahaan, saya yakin Bosch akan jadi mitra strategis bagi siapa saja, tapi sebaliknya tidak semuanya cocok dengannya," komentar Erich Hauser, analis dari Credit Suisse Group AG di London.

Juru bicara Christian Hoenicke menambahkan, Bosch akan menemukan solusi baru untuk bisnisnya di bidang solar panel yang kurang berjalan mulus akhir tahun ini. Bosch juga akan lebih leluasa menggarap industri baterai mobil listrik setelah menjalin kerja sama dengan Samsung dari Korea Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com