Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
F1

Inilah Tikungan-tikungan Menantang di F1 Singapura

Kompas.com - 21/09/2012, 09:16 WIB
Anastasia Joice

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com — Lintasan perlombaan mobil tercepat Formula 1 di Singapura bukan dibangun di tempat khusus, melainkan memanfaatkan jalan raya yang ada di kawasan Marina Bay. Meskipun demikian, lintasan tetap dibuat menantang bagi peserta dan menarik bagi penonton.

Wartawan Kompas Anastasia Joice melaporkan dari Singapura, beberapa titik lintasan yang menarik antara lain adalah tempat start. Di tempat inilah pebalap dimungkinkan menyalip, tetapi diperlukan kendali rem yang baik.

Pada tikungan pertama setelah start, kecepatan mobil harus diturunkan menjadi hanya 56 kilometer per jam. Tikungan ketujuh mungkin merupakan tempat menyalip yang paling baik. Di tempat ini, pebalap harus dapat mengendalikan mobilnya setelah melaju di Raffles Boulevard yang mencapai 300 kilometer per jam.

Tikungan kesepuluh, dikenal sebagai Singaporean Sling, merupakan tikungan yang sudutnya tajam. Tikungan ke-17 mungkin merupakan tikungan yang paling terkenal dalam sejarah. Di sinilah Nelson Pequet Jr sengaja menabrakkan mobil Renultnya pada tahun 2008 untuk melapangkan jalan bagi Fernando Alonso meraih kemenangan.

Tikungan ke-18 merupakan area terlambat di sepanjang lintasan. Di sini, mobil hanya berjalan selama 50 kilometer per jam. Sebaliknya, di tikungan ke-23 merupakan tempat yang memungkinkan pebalap memacu mobilnya sebelum masuk ke pit stop dengan kecepatan sekitar 200 kilometer per jam.

Gedung pit stop juga tempat yang penuh drama. Para pebalap senang sekali membiarkan selang bensin mereka tergantung-gantung di sirkuit Singapura ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com