Senin, 22 September 2014

Otomotif


Yuk, Poles Mobil Sendiri di Rumah

Penulis: Agung Kurniawan | Senin, 17 September 2012 | 07:05 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
Sumber : KompasOtomotif | Author : AGK

Teknik poles mobil.

Jakarta, KompasOtomotif - Ingin tampilan mobil Anda selalu kinclong? Syaratnya, rajin-rajinlan mengelusnya! Kalau terlalu sibuk, dana juga terbatas untuk ke salon mobil, bisa memolesnya sendiri.

Bagi yang berniat memoles sendiri di rumah sembari mengisi waktu senggang (juga pengalaman), berikut ini beberapa tips agar hasil polesan mantap! 

Cuci Mobil
Sebelum mau memoles, mobil kudu dicuci dahulu agar partikel debu halus yang menempel di bodi bis dienyahkan. Kalau tidak, atau langsung dipoles, bisa  melukai cat mobil Anda.

Teduh
Pastikan waktu Anda memoles mobil pada saat cuaca tidak terik, berkisar pukul 08.00-10.00 atau 16.00 sampai malam. Kalau waktu tidak bisa disesuaikan, pilihlah di bawah pohon rindang sehingga cahaya matahari tidak langsung menerpa mobil Anda.

Teknik
Untuk memoles, Anda bisa menggunakan berbagai produk yang ada di pasar. Untuk patokan, obat poles bagus atau tidak, sangat relatif. Namun pepatah "ada uang, ada barang" berlaku untuk kualias pemoles.   

Mulailah memoles dari bawah bodi dan terus ke atas dengan urutan, dari depan ke belakang. Gunakan spon khusus untuk membalur seluruh bodi mobil dengan cairan pemoles. Jangan menaruh bahan polesan di permukaan cat dengan tangan. Pasalnya, cairan poles mengandung senyawa kimia yang bisa merusak kulit manusia.

Memutar
Sampai saat ini tidak ada cara baku menggosokkan pemoles ke permukaan cat. Pada salon mobil profesional, mereka menggunakan mesin dengan arah polesan memutar. Teknik ini tidak mutlak! Juga bisa arah kanan-kiri atau atas-bawah. Pastikan, seluruh bagian bodi digosok dengan baik.

Setelah melapisi cat bodi mobil dengan cairan pemoles, tunggu 3-5 menit agar cairan meresap dan bekerja. Kemudian lap untuk kedua kalinya dengan bahan microfiber. Kalau tidak ada, gunakan kain katun dengan serat lembut untuk mencega baret-baret tipis.
Merata

Pastikan polesan merata ke seluruh lapisan cat bodi mobil. Untuk tahap kedua, jangan sampai ada sisa polesan di bodi. Bila rutin memoles, minimal dua bulan sekali, tampilan mobil Anda  akan selalu kemilau. Selain itu, daya cat  menjadi lebih lama.

Selamat mencoba! 


Editor : Zulkifli BJ