Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membandingkan All-New Camry Hibrida dengan Bensin (Bag. 1)

Kompas.com - 01/05/2012, 17:04 WIB

KompasOtomotif – All-New Camry ditawarkan dengan tiga pilihan varian, terdiri dari  2 bermesin bensin dan satu hibrida. Camry bensin bermesin 2.5 liter, terdari dari varian G, dibandrol Rp 482.700.000 dan merupakan paling standar. Sedangkan 2.5 V dipatok Rp 510,6 juta (on the road, Jakarta).
 
Perbedaan
Bandingkan dengan versi hibrida, selisih harganya mencolok. Dengan varian G, mencapai Rp 152,9 juta  sedangkan dengan 2.5 V, berselisih Rp 125 juta. Cukup menarik dengan fasilitas yang banyak itu, selisih harga All-New Camry hibrida dengan Prius hanya Rp 25,6 juta (Prius dbandrol Rp 605 juta).  
 
Versi bensin, mesinnya berkapasitas 2,5 liter (sebelumnya 2,4 dan 3,5 liter) dengan dua varian, yaitu tipe G dan V. Sedangkan pasangannya, hibrida, menggabungkan mesin yang sama dengan motor listrik dan baterai sebagai penggerak serta sumber tenaga. 
 
Kendati dimensi sama, namun wajah berbeda. All-New Camry bermesin bensin, grilnya berupa garis-garis harisontal yang dikrom. Sedangkan varian hibrida, hanya menggunakan satu garis dengan logo Toyota Hybrid di tengahnya.

Perbedaan lain adalah desain bumper dan rumah lampu kabut. Selanjutnya, di belakang tambahan masing-masing jenis, 2,5 V dan Hybrid. Khusus yang terakhir ditambahkan logo “Hybrid Synergy Drive”.
 
Fasilitas
Perbedaan terjadi karena varian hybrid menggunakan dua sumber penggerak, fasilitasnya juga lebih banyak, khusus untuk kenyamanan dan keselamatan. Kalau versi meisn bensin hanya dilengkapi Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA), hibrida ditambah lagi dengan Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRC) dan Hill Assist Control (HAC).

Fitur terakhir ini memudahkan pengemudi mengendalikan mobil nya bergerak maju setelah berhenti di tanjakan.Pengoperasian transmisi Camry bensin dengan hibrida sama. Perbedaan, kalau Camry bensin posisi gigi sampai D5, pada hibrida diganti dengan “B”. (Bersambung) 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com