Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Invitation Diluncurkan Tahun Depan

Kompas.com - 21/03/2012, 13:39 WIB

Jenewa, KompasOtomotif – Salah satu mobil konsep yang sangat menarik dari Nissan yang dipamerkan di Geneva Motor Show 2012 adalah Invitation. Pada acara peluncuran, selain e-NV200 concept (van) dan Hi-Cross concept (SUV), Invitation merupakan upacara klimaks Nissan yang dipimpin langsung oleh Andy Palmer, Executive Vice President Nissan Motor dan Infiniti.

Ketika orang nomor satu Renault-Nissan, Carlos Ghosn diwawancarai berbagai stasiun televisi secara khusus di sore hari, mobil yang satu ini dijadikan sebagai latar belakang. Semua itu menggambarkan penting mobil konsep yang satu.

Bahkan, dalam rilis elekroniknya, Nissan mengatakan, Invitation diluncurkan tahun depan. Sementara Carlos Ghosn menyebut, Invitation sebagai mobil kompak dengan berpenampilan sport! Padahal, Nissan belum mengeluarkan data tentang pilihan mesihn yang akan digunakan.

Segmen B
Penampilan hatchback konsep ini dengan warna oranye metalik memang sangat menarik. Tak kalah menarik, Invitation dirancang sebagai pesaing baru untuk bertarung di segmen B (mobil kompak sekelas Honda Jazz, Toyota Yaris, Ford Fiesta dan Mazda2 hatchback) di masa yang akan datang. Segmen yang terus tumbuh penjualan secara global. Kendati demikian, dari dimensi (berdasarkan data dari Nissan) lebih besar dari kompetitornya tersebut, sama dengan Toyota Avanza-Daihatsu Xenia.

Menurut Nissan, Invitation juga memperkenalkan inovasi teknologi dan akan mengikut kesuksesan Nissan Micra (March) di Eropa dan Juke dan disesuaikan dengan selera dan pengalaman konsumen Eropa yang canggih. Teknologi yang disertakan adalah sistem keamanan. Nissan berusaha menjadi mobil irit konsumsi bahan bakarnya dengan target emisi karbondioksida 100 gram/km.

Dari segi desain, kalau prototipe ini masih tetap digunakan untuk produksi adalah lampu depan (utama) dan kabut tipe LED dengan lekukan yang menarik. Sedangkan di belakang – juga LED – dengan motif garis-garis. Tak kalah menarik adalah desain dua ujung knalpot berbentuk tranpesium di sudut kanan dan kiri bemper belakang.

AVM
Fitur yang akan disertakan untuk Invitation nantinhya adalah Around View Monitor (AVM), teknologi keamanan yang diklaim pertama kali digunakan pada segemen B. Dengan teknologi ini pengemudi tidak lagi stress saat mundur dan parkir paralel.

Teknologi lainnya adalah Nissan Safety Shield, yang memungkinkan pengemudi selalu mengetahui kondisi di sekeliling mobilnya.
Untuk suspensi dipilih MacPherson strut dengan per koil dan belakang model batangan. Keduanya dipasang pada sub-rangka untuk mengurangi suara berisik dan getaran yang bisa masuk ke kabin.

Pertanyaan yang bisa muncul bagi fans Nissan di Indonesia, mungkin Invitation dipasarkan di Indondesia nantinya? Melihat Juke yang juga pertama kali diperkenalkan di Geneva Motor Show, kemungkinan tersebut sangat besar. Apalagi saat ini, Nissan belum punya model untuk masuk di segmen B atau hatchback kompak di Indonesia!

Dimensi: Panjang 4.150 mm, lebar 1.740 mm dan tinggi 1.470 mm 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com