Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda CX-5 SUV Teraman di Amerika

Kompas.com - 21/03/2012, 08:33 WIB

California, KompasOtomotif - Mazda CX-5  2013 memperoleh predikat mobil teraman (Top Safety Pick) versi lembaga pengujian independen, Institut Asuransi Keselamatan Jalan-Raya (IIHS) di  Amerika Utara. Predikat itu diperoleh setelah melalui serangkaian uji tabrak dari depan, samping, belakang, termasuk penahan kepala dan uji ketahanan atap dengan nilai "Bagus" untuk semua pengujian.

Sejak 2010, untuk memperoleh peringkat aman dari IIHS cukup sulit  karena  adanya tes kekuatan atap dengan cara menekan pelat  terhadap salah satu sudut sampai remuk sedalam 5 inci. Hasil yang diperoleh dibandingkan dengan berat kendaraan untuk mendapatkan perbandingan  antara berat dengan kekuatan atap dengan nilai minimal 4.0. Sementara pada tes ini CX-5 meraih nilai 5.47 dan berhak memperoleh predikat "Bagus". 

"CX-5 merupakan produk Mazda kedua setelah Mazda3 yang memenuhi syarat sejak lembaga ini menambahkan kriteria tes kekuatan atap sejak 2010. Tes terakhir adalah bentuk perlindungan bila mobil terguling," jelas juru bicara IIHS. 

SUV yang tidak lolos uji ketahanan atap adalah Nissan Rogue 2012, Toyota Rav4 2012, Mitsubishi Outlander 2012 dan Ford Escape 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com