Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acura ILX dan RDX Masuk Pasar Amerika Musim Semi

Kompas.com - 18/01/2012, 10:18 WIB

Detroit, KompasOtomotif - Merek premium Honda mobil, Acura berharap penjualan tahun ini bisa melonjak sampai 46 persen dengan bantuan dua "senjata" baru, yakni sedan ILX dan crossover RDX. Kedua kendaraan mewah itu masuk pasar pada musim semi ini.

"Pada 2015, Acura akan melahirkan kembali mobil sport NSX versi hibrida. Sedan sport itu dikembangkan dan dibangun di Amerika Serikat," ungkap CEO Honda Motor Co Takanobu Ito, dua hari lalu (16/1/2012).

Sementara CEO Honda Amerika Tetsuo Iwamura menegaskan bahwa produk baru, ditambah kemampuan memproduksi pada kapasitas penuh setelah pulih akibat gempa bumi (Jepang) dan banjir (Thailand), berarti penjualan Acura di AS akan meningkat dari 123.299 unit tahun lalu menjadi 180.000 unit 2012.

"Jika kita bisa melakukan 180.000 unit, itu akan membawa sukses. Tapi, kami lebih ambisi untuk masa depan, sementara tahun lalu kami berjuang banyak soal produksi," tambah Tetsuo.

Seperti apa spesifikasi sedan dan crossover Acura itu?

Honda Civic
Basis dan tenaga penggerak ILX sama dengan Honda Civic, hanya sosoknya lebih kecil dari Acura TSX yang memakai platform Honda Accord dipasarkan di Eropa. Namun, ditegaskan oleh Vicki Poponi, Asisten Wakil Presiden Honda Amerika bahwa kedatangan ILX tidak segera menghilangkan TLX.

Sedang crossover RDX merupakan pengulangan desain yang memiliki jarak sumbu roda lebih panjang dan jarak pijak lebih lebar. Kelemahan dari RDX yang lama terletak pada trubo diganti dengan mesin 3.5 liter V6 yang memiliki tenaga maksimum 275PS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com