Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Calon Pesaing Vios dan City dari Nissan

Kompas.com - 13/01/2012, 14:46 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Saat KompasOtomotif bertandang ke markas Indomobil di MT Haryono, Jakarta Timur, Jumat (13/1/2012) ini, di area gedung parkir tak sengaja terlihat sedan baru Nissan. Penasaran, setelah mobil diparkir, beberapa jepretan foto diambil mulai dari depan sampai belakang. Ternyata, produk tersebut adalah Almera.

Teringat saat Nissan Thailand meluncurkan Almera pada 7 Oktober 2011 yang dilego dengan harga 599.000 baht atau Rp 172 juta. Kalau Nissan Motor Indonesia punya rencana memasarkannya, berarti sedan itu akan bersaing dengan Toyota Vios dan Honda City.

Padahal, dimensi Almera—yang punya nama lain Sunny dan Versa—ini lebih besar dari Vios dan di bawah Altis. Saat melongok ke bagian dalam, desain dasbor tengah seperti March dengan khas tombol dan display AC berbentuk bulat. Sayang, kami tak sempat mengabadikannya karena keburu terlihat petugas keamanan dan diminta untuk tidak melanjutkan berfoto di lokasi.

KompasOtomotif langsung menghubungi pihak NMI untuk mendapatkan konfirmasi. "Memang kami sedang menjajaki dan melakukan serentetan uji produk. Nantinya Almera akan masuk ke pasar Vios dan City. Harganya pun akan berada di kisaran kedua pesaing, malah mungkin lebih murah," sebut sumber dari NMI. Harga Vios dan City mulai dari Rp 215 juta hingga Rp 283 juta.

Menyangkut mesin, sumber tadi enggan berkomentar. Jika merujuk pada produk Thailand, Almera menggunakan mesin 3 silinder 1.2-liter dengan tenaga 79 PS. Kalau spesifikasi ini yang dipakai, sulit bagi Almera bisa bersaing dengan kedua rivalnya karena harga jadi terlalu mahal. Lain hal, Almera dibekali mesin 1.5-liter dari keluarga Livina seperti yang sudah dilakukan pada Juke. 

Bagaimana kelanjutan nasib Almera di Tanah Air? Kita tunggu saja perkembangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com