Rabu, 28 September 2016

Otomotif

Mobil Pesta Berjalan Lengkap dengan Meja DJ

Berita Terkait

OSAKA, KOMPAS.com — Rumah modifikasi CRS (Car Revolution Style) yang bercokol di Toyonaka, Osaka, Jepang, telah "menyulap" Toyota Hiace menjadi ruang pesta berjalan. Soalnya, minibus H200 ini mempunyai ruang yang lega, punya meja DJ lengkap dengan peralatan tata suaranya, dan perlengkapan untuk memanggang (BBQ).

Toyota Hiace cukup populer di Indonesia pada tahun 1970 hingga 1980 awal. Bahkan dua dari lima generasi produk minibus Toyota itu (H10 buatan 1970-an dan H20-H40 buatan 1980-an) masih digunakan hingga kini. H200 sebagai model kelima pun diimpor ke Tanah Air, yang salah satunya digunakan dalam iring-iringan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dengan dimensi panjang 4.695 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1980 mm yang merupakan varian H200 terkecil (seperti si merah ini), ruang di dalamnya cukup lega untuk memuat 11 orang; dan rumah modifikasi CRS tetap mempertahankan fungsi itu. Mereka pun menambahkan penyangga pemanggang custom yang berporos pada pengait gandengan.

Selain menggunakan ban tipis berukuran sama (depan-belakang) 265/30/22 merek Falken FK452 dan velg bintang ukuran besar 22 inci, minibus ini juga mengamit sistem gerak empat roda (4WD).

Lalu, mengingat bobotnya bertambah, sektor suspensi pun dioprek, termasuk menambahkan sub-silinder. Tanpa penjelasan detail, tuning pada suspensi disebut memberikan efek bantingan yang berbeda secara independen sehingga lebih nyaman.

Karena kabin sudah dipermak jadi semacam ruang pesta, kurang lengkap tanpa ada perangkat audio. Kalau posisinya tetap di Hiace, jelas menyita tempat. Solusinya, CRS pun menambah gandengan yang diambil dari setengah bodi H200 lain. Setelah dipotong, bagian buntut ini diberi penutup, lalu sambungannya diperhalus. Selanjutnya, mereka memasangkan segitiga pengait supaya bisa digandeng.

Gandengannya diisi dengan meja DJ dan sebuah TV layar datar. Posisinya dibuat menghadap ke pintu belakang. Jadi, ketika pintu belakang itu dibuka, H200 ini punya booth DJ dadakan. Cocok untuk acara Tahun Baru-an. (Dimas)

Editor : Bastian