Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Kebobolan Data di Jepang

Kompas.com - 24/11/2011, 14:46 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Divisi penjualan sepeda motor Yamaha di Jepang lagi geram karena 607 data pribadi konsumennya berhasil dibobol "hackers" sehingga mengancam arus informasi perusahaan.  Isi dari data tersebut seperti dilansir Motorcycle (23/11) di antaranya mengenai pemanggilan kampanye perbaikan (recall) dan pengembanganproduk, alamat surat elektronik, jenis kendaraan yang dimilik , dan VIN code

Ratusan data konsumen ini tersebar di beberapa area antara lain Prefektur Aici, Fukuoka dan Kogashima. Si "Hacker" berusaha menginformasikan kepada Yamaha keberhasilannya membobol data konsumen dengan mengirimkan fax berisi data-data pribadi itu  tanpa nomor asal yang jelas, 11 November 2011.

Yamaha menegaskan, penyelidikan segera dilakukan semenjak perusahaan menerima kiriman faksimili di atas. Sepekan kemudian, Yamaha memastikan kebocoran informasi disebabkan pihak ketiga. Hasil penelitian terakhir, sebut Yamaha, dari seluruh konsumen yang datanya hilang belum terjadi penyalahgunaan kewenangan. Artinya, konsumen belum sampai dirugikan!

Pihak yang "mencuri" data itu akan dihubungi Yamaha secara pribadi. Merek garpu tala juga berniat memaafkan seluruh pihak yang terlibat pada kebocoran data perusahaan dan tak membawanya ke jalur meja hijau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com