Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Langsung Honda Jazz Balap di Sentul

Kompas.com - 29/09/2011, 10:57 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Pada acara bertajuk "Drive Fast, Drive Safe" yang digelar Honda Prospect Motor (HPM) kemarin (28/9) di Sirkuit Sentul, Cibinong, Bogor, 50 wartawan diberi kesempatan mencoba Honda All-New Jazz S transmisi manual.

"Kami mengadakan acara ini agar media dapat merasakan kemampuan All-New Jazz secara maksimal. Jika hanya mencobanya di jalan raya, yang makin macet, tentu saja tidak mungkin," jelas Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual  HPM.

Setiap media mendapat jatah merasakan akselerasi mobil bertenaga 120PS ini didampingi pembalap nasional. Termasuk mengukur handling, stabilitas dan kinerja rem selama 5 putaran.

Speks Balap
Acara intinya, 10 orang berkesempatan - salah satunya KOMPAS.com -  mengemudikan langsung All-New Jazz dengan spesifikasi balap dengan penilaian tes di sirkuit dan racing simulator. 

Setelah diundi, KOMPAS.com mendapat jatah mencoba Jazz milik Fitra Eri dari Tim Honda Bandung Center OTO. Ketika masuk kabin, auranya sudah berbeda dengan versi standar. Tak ada komponen bawaan pabrik yang tersisa selain dasbor tengah dan panel instrumen. 

Setelah menemukan posisi duduk yang pas dengan pemasangan perangkat keselamatan pasif yang tersedia, mesin langsung dihidupkan. Dari knalpot terdengar suara cukup berisik menerobos sampai ke kabin.

Vesi balap ini mesin menghasilkan tenaga 150PS. Hanya dengan sedikit menekan pedal gas, mesin langsung  merespon.Tak terasa adrenalin mulai terpacu. Saat bendera start dikibarkan, pedal gas langsung ditekan.

Terjadi sedikit spin. Perpindahan gigi dilakukan @6.800rpm dengan ditandai aktifnya shift light di belakang lingkar kemudi. Di trek lurus berjarak sekitar 800 meter, Jazz balap ini mampu digenjot hingga 190 km/jam.

Ganti Suspensi
Pergantian suspensi mempengaruhi kemampuan bermanuver pada kecepatan tinggi. Bagian depan mobil seolah setia mengikuti arah setir jika dilakukan pada kondisi dan cara yang benar.

Hanya bagian belakang terasa agak sensitif. Untuk itu, manuver tidak boleh terlalu kasar. Dengan perlakuan yang tepat,  mobil bisa bermanuver pada beberapa tikungan cepat.

Komponen rem after market  yang digunakan pada mobil ini,bekerja secara maksimal dan memberikan keyakinan saat mengontrol atau mengurangi lajunya. Karakter asli Jazz masih bisa dirasakan saat melakukan rem mendadak pada tikungan pertama dan ketiga. Bagian depan mobil seperti ditarik ke kanan dan ke kiri seolah tak mau diamnamun tetap berbelok di saat yang pas. 

Jatah hot laps dua putaran terasa kurang padahal suara knalpot cukup memekakkan telinga yang ditutupi helm. Baju pun dibasahi keringat karena harus menggenakan jaket balap sebagai standar keselamatan test drive di Sentul plus suhu kabin yang cukup tinggi. Namun yang pasti, sudah merasakan sensasi Jazz khusus untuk balap!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com