Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba-laba Penyebab "Recall" Mazda6

Kompas.com - 04/03/2011, 09:39 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Mazda Motor Corporation melakukan penarikan untuk perbaikan (recall) terhadap Mazda6 di Amerika Serikat dengan jumlah 52.000 unit karena adanya kemungkinan kebocoran pada tangki bahan bakar. Uniknya, kebocoran ini disebabkan oleh jaring laba-laba.

Mazda6 yang terkena recall adalah produksi 8 April 2008 sampai 8 Februari 2010 dari pabrik Auto Alliance—gabungan Mazda dan Ford Motor Company—di Flat Rock, Michigan, AS. Menurut Lembaga Keselamatan Jalan Raya dan Lalu Lintas (National Highway Traffic Safety Administration atau NHTSA) AS, seperti dilansir Reuters, Kamis (3/3/2011), di dalam tangki bahan bakar terdapat laba-laba yang bersarang di saluran ventilasi.

Keberadaan hewan pemangsa itu menyebabkan tekanan pada sistem pengontrol emisi gas buang bertambah ke dalam tangki bahan bakar. Ujungnya, potensi kebocoran pada saluran bahan bakar atau paling parah kebakaran.

Sebagai langkah antisipasi, Mazda akan menambah komponen pegas pada sistem pembuangan untuk mencegah serangga masuk ke saluran ventilasi. Semua konsumen akan dihubungi langsung oleh Mazda dan perbaikian bisa segera dilakukan secara cuma-cuma alias gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com