Sabtu, 30 Juli 2016

Otomotif

Hero Tantang Bajaj di Roda Tiga

Berita Terkait

NEW DELHI, KOMPAS.com — Setelah cerai dari Honda, Hero bebas menentukan jalan hidup sendiri. Kini, sesuai dengan kondisi pasar India, Hero Motors Ltd, salah satu perusahaan otomotif dan permesinan besar di India, berencana masuk ke pasar kendaraan roda tiga yang selama ini dinikmati oleh Bajaj Auto, baik domestik maupun ekspor.

Untuk itu, grup Hero tengah membicarakan rencana tersebut dengan para vendor lokal guna mendukung kegiatan produksi. Kendaraan roda tiga—mirip produk Bajaj—digunakan untuk mengangkut orang atau barang.

"Kami sedang mempelajari opsi rancang bangun mesin sepeda motor agar bisa digunakan pada kendaraan roda tiga. Kami diminta untuk menyiapkan diri masuk ke segmen roda tiga dan lainnya," ujar sumber dari salah satu vendor perusahaan berbasis di Delhi, seperti dilansir economictimes, pekan lalu.

Ekspor
Sementara itu, analis pasar dari Angel Broking di Mumbai, Vaishali Jajoo, menjelaskan, potensi ekspor kendaraan roda tiga dari India cukup besar. Ekspor kendaraan jenis tersebut dinikmati dua produsen India, yaitu Bajaj Auto dan TVS.

Tujuan ekspor kendaraan roda tiga dari India adalah negara Sri Lanka, Banglades, dan Nepal, serta Asia Tenggara. Pasar baru seperti Afrika juga terus meningkat. Bajaj Auto merupakan eksportir kendaraan roda tiga terbesar dari India yang menguasai 40 persen pangsa pasar.

Editor : Zulkifli BJ