Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boediono: Pemerintah Dukung Kemajuan Industri Otomotif

Kompas.com - 23/07/2010, 16:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Presiden Boediono secara resmi membuka The 18th Indonesia International Motor Show 2010 atau IIMS 2010 di arena JIExpo Kemayoran, Jumat (23/7/2010). Dalam sambutannya, Boediono menyambut baik penyelenggaraan pameran sebagai salah satu momen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Wapres optimistis terhadap target yang dipasang para pelaku industri otomotif bahwa angka penjualan pada tahun 2015 mencapai 1 juta unit per tahun. "Saya setuju dan prospeknya luar biasa, domestic market-nya luar biasa. Saya yakin di 2015, target itu bisa tercapai kalau kita pandai-pandai memanfaatkan pasar luar negeri," tuturnya.

Industri otomotif, menurut Boediono, sudah berkembang lama di Tanah Air dan bukanlah industri anak-anak lagi. Pemerintah tentu harus berani mengurangi dorongan khusus kepada otomotif yang makin dewasa.

"Tapi tampaknya belum bisa bersaing dengan industri yang lebih dewasa lagi dari luar, bagaimana membawanya menjadi pemain yang benar-benar andal dan bisa mencapai prestasi di antara industri-industri yang lebih dulu keberadaannya," ungkapnya.

Untuk mendorongnya, ia menjanjikan komitmen pemerintah untuk mendukung kemajuan industri otomotif. Dalam acara pembukaan, hadir pula sejumlah tokoh, di antaranya Menteri Lingkungan Hidup Gusti M Hatta, Menteri Perindustrian MS Hidayat, dan Gubernur BI terpilih, Darmin Nasution.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com