Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor Baru Shell Eco-marathon, 4.414 km/liter

Kompas.com - 07/05/2010, 19:11 WIB

LUASITZ,  KOMPAS.com- Fantastis! Itulah ucapan buat tim Polyjule Polytech’Nantes, Prancis yang mencatatkan rekor baru pada event Shell Eco-marathon Eropa yang diadakan di Luazitz, Jerman kemaren. Lomba yang semula direncanakan berlangsung kemaren dan hari ini, dimajukan sehari karena  cuaca buruk.

Nah, pada hari pertama lomba tersebut, ternyata telah tercipta rekor baru yang sangat fantastis,  mobil prototipe berbahanbakar hidrogen yang dibuat oleh tim Polyjule Polytech’Nantes, untuk satu liter bisa digunakan menempuh jarak 4.414 km/liter. Menurut Shell yang menyelenggarakan event ini setiap ini, rekor baru memecahkan rekor lama yang sudah bertahan sejak 2005.  

Sebelumnya, rekor dibuat tim dari ETHG Zurich, Swiss dengan hasil  3.836 km untuk satu liter bahan bakar (juga menggunakan hidrogen).

Mengomentari rekor baru ini, Pauline Tranchard, Ketua tim mengatakan, “Percaya atau tidak, kendaraan ini sempat bermasalah kemarin pada "run” kelima. Karena itulah kami sangat gembira, ternyata secara bersama-sama  mampu  mengabungkan usaha seluruh anggota. Tidak hanya yang merancang mobil, juga yang menjalannyakan. Tentu senang memecahkan rekor.

Rahasia  keberhasilan tim, menurut adalah kesempurnaan. Dijelaskan, tim pada tahun ini fokus   pada pengembangan sistem monitor elektronik kendaraan yang memperkecil kerugian energi. Inilah  kunci  dengan konstribusi besar yang menciptakan rekor baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com