Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BYD Tertarik Akuisisi Maybach

Kompas.com - 29/03/2010, 16:38 WIB

CHINA, KOMPAS.com - Dengan lolosnya kesepakatan akuisisi Geely terhadap Volvo pada hari ini, isyu serupa mencuat ke permukaan. Produsen mobil asal China lainnya, BYD Auto dikabarkan juga berminat mengakuisisi salah satu merek milik  Mercedes-Benz grup, Maybach.

Ketertarikan ini, kabarnya muncul karena proyek kerjasama yang dilakukan antara BYD dan Dimler dalam menciptakan kendaraan listrik bersama untuk pasar China. Seorang sumber dari BYD yang tak mau disebutkan namanya, seperti dilansir chinacartimes.com (28/3/2010) mengatakan, "ketika Daimler mulai meninggalkan merek itu (Maybach), BYD akan berupaya membelinya."

Di China, BYD terkenal dengan produk ekonomis ketimbang mewah. Namun, merek asal Negeri Tirai Bambu ini tengah berupaya menggarap segmen premium dan opsi mengakuisisi Maybach bisa menjadi langkah baru yang lebih signifikan. Selain itu, dengan memiliki Maybach, pabrikan bisa dengan mudah masuk ke pasar Amerika Serikat dan Eropa.

Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi terkait ketertarikan BYD mengakuisisi Maybach. Akuisisi mungkin bisa dilakukan untuk merek saja bukan dari segi aset yang pasti akan masih dipertahankan pihak Mercedes-Benz sebagai inventarisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com