Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sport Car Pertama di Dunia Pakai Velg Superlebar

Kompas.com - 11/02/2010, 17:37 WIB

KOMPAS.com - Bosan dengan model modifikasi Mazda RX8 yang stereo tape, Valen coba menyuguhkan dalam bentuk lain. Saran Eddy H. Kurniawan dari Inpire agar Mazda RX8 miliknya dipakaikan "sepatu" ukuran 22 inci pun diterimanya.

Konsekuensinya, bagian seputar keempat roda harus dimelarkan. Fendernya, jelas Bam-bam dari Inspire otomatis dibuat ulang semua. berarti, harus dilebarin dan dibuat pakai pelat agar velg Pegasus Wasabi 22 inci bisa masuk.Untuk menguatkan kesan ceper dan sekaligus mendapatkan handling yang mumpuni, coilover buatan Malaysia bermerek Hot Bits disematkan.

Hebatnya, konsep wide body yang dibangun terkesan tak begitu lebar. "Tariknya harus halus, bertahap dari ujung atas sampai ke bawah," sebut Bam-bam. Dari hasil pemekaran, fender depan melar 5 sentimeter dan belakang 8 sentimeter. Faktor lain yang bikin yang menguatkan kesan tidak lebar ditengarai pemilihan warna super white Spies Hecker yang terang dan solid.

Selain itu, ujung-ujung bemper, kap mesin, atap dan bagasi dilabur hitam agar tak terkesan terlalu tawar. Di samping spion Ganador dan sayap model Veilside. "Biar kontras sama velgnya juga," ungkap Valen, anggota klub Collection.

Valen sadar akibat dari pemakaian velg super-lebar akan menyedot tenaga mesin. Untuk mendongraknya, turbo kit GReddy dengan harus merogoh kocek Rp60 jutaan. Pemasangan turbo juga harus dibarengi dengan oil cooler buat transmisi, apalagi pada RX8 ini matik. Segela persyaratan seperti selang-selang serta kotak pendingin yang akan dilalui oli sudah dipenuhi.

Dari hasil modifikasi ini, Valen menerima satu predikat sebagai orang pertama yang mengaplikasi velg 22 inci buat sport car di dunia. (Rudy)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com