Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gawat! Tata Nano Terbakar

Kompas.com - 27/10/2009, 09:11 WIB

INDIA, KOMPAS.com — Belum genap setahun dipasarkan, mobil super-murah India Tata Nano sudah menimbulkan masalah. Sebanyak tiga mobil dilaporkan terbakar akibat korsleting di salah satu sirkuit di kemudi. Akibatnya, pabrikan harus menarik dua dari produk itu kembali untuk perbaikan, seperti dikutip surat kabar lokal Times of India.

Tata Motors selaku produsen harus memesan kembali sirkuit elektrik yang bermasalah sebelum mobil yang rusak itu dikirim kembali ke pelanggan. Tata sudah mulai melego mobil termurah ini sejak awal tahun dan akan mulai mengirimkan produk ke pelanggan pada musim semi ini.

Nano yang dibanderol 2.500 dollar AS atau sekitar Rp 25 juta sempat mengejutkan dunia otomotif. Bahkan, kehadirannya yang diplot sebagai pengganti sepeda motor bagi masyarakat kelas bawah ini ternyata malah diserbu kaum elite di India. Akibatnya, harga mobil bisa naik hingga 30 persen.

Di sisi lain, Tata Motors baru akan mendistribusikan 100.000 Nano sampai akhir tahun depan (2010). Sementara itu, jumlah pembeli pada daftar tunggu mencapai 200.000 orang.

Untuk ini, Tata Motors melakukan undian untuk memilih 100.000 pembeli pertama Nano. Karena jumlah daftar tunggu pembeli yang masih tinggi itu pula, diperkirakan permainan mark-up harga akan terus berlanjut tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com