Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Jam Biologis Anda Sebelum Mengemudi

Kompas.com - 27/10/2015, 09:47 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Masalah yang kerap dihadapi oleh para pengemudi atau pengendara kendaraan baik roda dua atau empat yakni rasa kantuk. Mengantuk itu menurut Dokter spesialis kesehatan tidur Rumah Sakit Mitra Kemayoran dr. Andreas Prasadja bukan terjadi karena kekenyangan, tapi lebih tepatnya kurang tidur.

Andreas menyarankan, bagi siapa saja yang hendak berkendara baik itu sepeda motor atau mobil ada baiknya untuk mengenal jam biologis diri sendiri. Karena, masing-masing orang memiliki waktu tidur di jam tertentu. Di saat jam tersebut, sebaiknya jangan memutuskan untuk berkendara.

“Kenali jam biologis diri sendiri, misalnya sehabis makan siang Anda mengantuk, atau jam-jam tertentu dimana biasanya Anda mengantuk. Kalau setelah makan siang mengantuk itu bukan karena kekenyangan, tapi memang sudah jam biologis Anda seperti itu,” ucap Andreas saat dihubungi KompasOtomotif melalui sambungan telepon, Senin (26/10/2015).

Andres melanjutkan, rasa kantuk itu timbul karena orang tersebut kurang tidur. Tidur yang berkualitas setiap harinya untuk orang dewasa sekitar tujuh sampai Sembilan jam atau minimalnya enam jam.

“Dalam satu hari tidur yang baik itu tujuh sampai sembilan jam. Jika sudah tidur selama itu dan tetap mengantuk, orang tersebut memiliki penyakit tidur. Kalau seperti itu diusahakan jangan mengemudi karena berbahaya. Di negara berkembang orang mengantuk atau punya penyakit mendengkur saja dilarang mengemudi,” kata Andreas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com