Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Drama Kemenangan Marc Marquez di MotoGP Australia, Punya Start yang Buruk

Kompas.com - 20/10/2024, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan MotoGP Australia dimenangkan oleh Marc Marquez dari Gresini Racing. Posisi kedua ada Jorge Martin (Pramac Racing) dan ketiga diisi Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).

Bisa dibilang, kemenangan Marc di Phillip Island kali ini penuh drama, dimulai dari awal start. Marc membuat start yang kurang baik dari posisi kedua, roda belakangnya selip sampai dia mundur beberapa posisi saat masuk tikungan pertama.

Ternyata penyebabnya adalah lapisan tear off dari helm Marc sendiri yang membuat roda belakangnya selip. Jadi sebelum mulai, Marc melihat visornya kotor, dan dia mencabut tear off biar bersih, cuma lapisan tersebut terbawa angin dan ada di bawah motornya.

Baca juga: Hasil MotoGP Australia 2024, Marc Marquez Juara Martin Kedua

 

"Saya biasanya tidak melepas tear off saat start. Tapi saya lihat ada yang menghalangi dan saya copot itu (tear off). Saya lihat itu ke bawah motor saya dan coba mengambilnya, cuma sudah mau mulai," kata Marc saat diwawancara setelah balapan.

Karena tear off-nya sendiri dan roda belakang selip, Marc perlahan-lahan menyusul dari posisi ketujuh. Cuma butuh sekitar lima putaran, Marc sudah ada di posisi ketiga, di belakang Bagnaia.

Saat itu Martin memang sudah memberi jarak cukup jauh di depan. Cuma ada satu momen di mana Martin melebar dan dimanfaatkan Bagnaia buat merebut posisi pertama, Tapi tak berselang lama, Martin kembali rebut posisi pertama dan Marc ikut di belakangnya.

Baca juga: Ulas SOP Perbaikan Transmisi Matik di Bengkel Spesialis

 

"Saya pikir tidak bisa kejar (Martin), tapi bisa akhirnya. Saya menghemat ban untuk menyerang di akhir-akhir balapan," kata Marc.

Marc memang cukup sabar berada di belakang Martin. Sampai akhirnya di sisa lima putaran, Marc menyerang Martin di tikungan keempat, tepatnya di Miller Corner.

Cuma di lurusan start, Martin berhasil rebut lagi posisi pertama. Tidak berselang lama, di Miller Corner juga, Marc menyalip Martin dari dalam dengan agresif, keduanya melebar dan Marc amankan posisi pertama.

Sampai akhir balapan, Marc berada di posisi pertama, Martin kedua, dan Bagnaia ketiga dengan jarak yang cukup jauh. Kemenangan Marc bikin perebutan juara MotoGP musim 2024 masih berlanjut, selisih poin Martin dan Bagnaia kini jadi 20 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau