Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab Suara Kasar pada Mesin Mobil

Kompas.com - 17/10/2024, 10:12 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Suara kasar pada mesin mobil sering kali menjadi tanda bahwa ada masalah yang perlu diatasi sehingga penting untuk mengenali penyebabnya agar dapat mencegah kerusakan lebih lanjut.

Berbagai faktor bisa menjadi penyebab suara kasar pada mesin, tetapi yang paling sering terjadi karena sistem pelumasan bermasalah.

Bahkan, jika dibiarkan masalah tidak hanya mengganggu performa kendaraan, tetapi juga berpotensi menyebabkan kerusakan yang lebih serius seperti turun mesin.

Baca juga: Peluang Toyota Hilux Rangga Dapat Opsi Penggerak 4x4

Mesin Mobil Ford Everest 2023 terbaru, dengan kubikasi 1.996 cc dan biturboKompas.com/Daafa Mesin Mobil Ford Everest 2023 terbaru, dengan kubikasi 1.996 cc dan biturbo

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan, bunyi kasar pada mesin bisa disebabkan oleh berbagai hal.

“Jika filter oli sudah kurang berfungsi maksimal mesin bisa overheat dan suara mesin terdengar kasar, terutama saat mesin dihidupkan dalam keadaan dingin,” kata Iwan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, bisa karena adanya beberapa komponen yang sudah mengalami keausan sehingga membuat gesekan antarbagian meningkat dan menghasilkan bunyi mesin yang kasar.

Baca juga: Benarkah Oli Lebih Kental Bisa Bikin Suara Mesin Lebih Halus?

“Suara mesin kasar bisa disebabkan juga karena adanya beberapa komponen mesin yang sudah mengalami keausan. Bagian bantalan mesin yang paling sering atau piston yang sudah oblak juga sering, jika dibiarkan bisa mengakibatkan turun mesin,” kata Iwan.

Penting untuk melakukan pemeriksaan rutin dan mengganti komponen yang aus agar mesin tetap dalam kondisi baik dan kinerja kendaraan tetap optimal.

Selain itu, bagi pemilik mobil yang mendengar suara tidak biasa dari mesin, segera bawa ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau