Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Toyota Kijang Innova Tabrak Minimarket di Cinere

Kompas.com - 17/10/2024, 06:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan Toyota Kijang Innova menabrak kaca minimarket hingga masuk ke dalam. Disebutkan bahwa pengemudi salah menginjak pedal gas.

Video menjadi viral setelah diunggah oleh akun Instagram @infolimodepok, Rabu (16/10/2024). Pada video tersebut, terlihat Innova berwarna silver menabrak kaca depan minimarket hingga posisi mobil masuk ke dalam.

Baca juga: Pengemudi Salah Injak Pedal Gas, Xpander Tercebur ke Selokan

"Sebuah mobil tabrak Alfamidi di Gandul Cinere. Infonya itu dia salah injek pedal jadi orangnya abis dari dalem terus masuk ke mobil dia malah injek gas jadi nabrak," tulis keterangan pada unggahan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by INFO LIMO DEPOK (@infolimodepok)

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, prosedur stop and go itu penting. Saat mobil ditinggal oleh pengemudinya, pastikan posisi perangkat harus benar terlebih dahulu.

"Tuas persneling ada di P (matik), parking brake On, kunci kontak tidak terpasang. Setelah pengemudi masuk ke dalam kabin, cek dulu perangkat-perangkatnya sebelum mesin dihidupkan," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Salah Injak Pedal, Mitsubishi L300 Tabrak 3 Kendaraan di Banyuwangi

"Setelah itu, atur posisi duduk dan yang terakhir hidupkan mesin. Tidak dibenarkan melakukannya dengan tergesa-gesa atau akan berimbas kebiasaan yang asal-asalan," kata Sony.

Menginjak pedal gasPokPak05 Menginjak pedal gas

Sony menambahkan, kemungkinan yang terburuk terjadi seperti pada video tersebut. Saat pedal gas diinjak, mungkin tidak masalah selama posisi gear di N atau P.

"Tapi, kalau tuas gear bergeser ke D, maka kendaraan akan seketika loncat. Barrier atau kanstin sekali pun tidak akan mampu menahan lajunya," ujarnya.

"Untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang bisa berimbas pada kecelakaan, benahi dulu prosedur awal pengemudi sebelum kendaraan bergerak," kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau