Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Toyota Avanza Ringsek Usai Tabrakan, Efek Crumple Zone

Kompas.com - 09/10/2024, 13:05 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan mobil Toyota Avanza mengalami penyok di bagian depan usai menabrak mobil yang berhenti di depannya.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram bernama @jakut.info. Dalam tayangan itu tampak pengemudi mobil Toyota Avanza diduga berkendara sambil mengoperasikan ponsel, sehingga hilang fokus dan menabrak mobil yang berada di depannya.

Namun, pada kolom komentar, tidak sedikit warganet yang justru salah fokus dengan kualitas mobil yang dinilai gampang penyok hanya karena sedikit benturan.

Baca juga: Penyebab Kerusakan Modul Elektronik pada Mobil

“Seringkih itu kah avanza baru? Langsung pecah radiatornya dong,” tulis komentar @damasfatih.

Mobil kaleng langsung penyok dong,” tulis akun @momy_gigis.

“Langsung penyok air radiator langsung bocor,” tulis komentar @syhellanatalia.

Untuk diketahui, mobil modern saat ini banyak memakai teknologi bernama crumple zone. Secara kasat mata fitur ini yang membuat bagian depan mobil mudah remuk meski tabrakan tak terlalu keras.

Hal ini berbeda dengan mobil-mobil zaman dulu yang dikenal "lebih badak." Sehingga ada kesan mobil zaman sekarang gampang ringsek karena kualitas material jelek, padahal ringseknya itu memang disengaja.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKARTA UTARA INFO (@jakut.info)

“Kalau dibanding mobil lama, body dinilai lebih kuat dan kokoh, karena teknologi crumple zone belum diaplikasikan,” ucap Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/10/2024).

Menurut Muchlis, zona-zona bodi depan dan belakang mobil yang dapat rusak terdiri dari berbagai macam area dengan tingkat kekakuan yang tinggi, yang secara efektif menyerap energi benturan.

“Oleh karena itu, bodi penyerap energi benturan ini meminimalkan perubahan bentuk kabin,” kata Muchlis.

Sementara itu, Philardi Sobari, Public Relations Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, crumple zone merupakan salah satu poin penting dalam rancang bangun kendaraan.

Baca juga: Nissan Recall 23.887 Unit Leaf EV karena Potensi Baterai Terbakar

“Karena pada tahap development, engineer tidak hanya fokus untuk merancang sasis sebagai basis kendaraan yang kuat dan solid, namun juga harus bisa memberikan perlindungan yang optimal bagi penumpang,” kata Philardi.

Dengan adanya crumple zone yang akan hancur terlebih dahulu saat terjadi kecelakaan, maka energi kinetik tidak akan sampai ke dalam kabin sehingga penumpang bisa selamat.

Meski begitu, Philardi juga mengatakan, crumple zone ini tidak bekerja sendiri dalam memberikan proteksi kepada penumpan.

“Tetapi juga bekerjasama dengan berbagai perangkat keselamatan pasif atau aktif lainnya seperti Airbag maupun Toyota Safety Sense,” kata Philardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau