Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama 2 Hari, Sekian Jumlah Pengunjung dan Omzet Kustomfest 2024

Kompas.com - 09/10/2024, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Berlangsung selama dua hari (5-6/10/2024) di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, ajang Indonesian Kustom Kulture Festival atau Kustomfest tahun ini mencatatkan sejumlah pencapaian positif.

Tak sekadar dari hasil karya sepeda motor dan mobil kustom baru, tapi dari jumlah pengunjung yang hadir serta pencapaian omzet juga diklaim cukup baik.

Berdasarkan informasi dari pihak penyelenggara, sampai dengan Minggu (6/10/2024) malam, jumlah pengunjung yang datang menyambangi Kustomfest mencapai 25.647.

"Antusiasme penonton untuk datang ke Kustomfest tahun ini masih sangat tinggi karena kami terus berinovasi dengan program yang segar, termasuk melakukan kurasi karya-karya yang ikut agar benar-benar baru untuk layak dipajang," ucap Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi, Senin (7/10/2024).

Baca juga: Primbon Jadi Best Kustom Bike Show Kustomfest 2024

Sandiaga Uno di Kustomfest 2024Kustomfest Sandiaga Uno di Kustomfest 2024

Beda dari tahun sebelumnya, merayakan 13 tahun eksistensi di dunia custom culture, Kustomfest mencoba untuk memberikan kemasan baru. Dari penataan akses pintu masuk, posisi layout, peserta kontes, serta lokasi tenant yang membuat pengunjung tetap nyaman menikmati suguhan acara dari pagi hingga malam.

Selama dua hari pelaksanaan acara, omzet perputaran langsung di Kustomfest diklaim mencapai lebih dari Rp 20 miliar. Jumlah tersebut belum termasuk transaksi multiplier, seperti hotel, transportasi, dan makanan minuman yang ada di Yogyakarta.

Baca juga: Mobil Listrik BYD M6 Mulai Sasar Pasar Niaga

Tahun ini, Kustomfest mengusung tema "Lucky 13 Rollin" yang menjadi wujud syukur atas perjalanan 13 tahun sejak pertama kali digelar.

Kustom Journey pinstripe di Kustomfest 2024Rollie Monkie Kustom Journey pinstripe di Kustomfest 2024

"Perjalanan selama 13 tahun telah menempa kami untuk tetap menjadi sebuah acara yang berkualitas dan memiliki nilai lebih dari hanya sekadar hiburan semata," kata Lulut.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, yang sempat berkenjung pada hari kedua acara menyamapaikan, melalui Kustomfest Indononesia ternyata sangat dikenal untuk kemampuan craftsmanship atau kerajinan tangan yang sangat diunggulkan.

Baca juga: Diskon LSUV Oktober 2024, Sonet dan Magnite Tembus Rp 60 Juta

Kustomfest 2024KOMPAS.com/STANLY RAVEL Kustomfest 2024

"Ini merupakan sebuah anugerah yang harus kita tingkatkan ke depan. Selain itu, banyak nilai tambah dari ekonomi kreatifnya yang harus dibina dari hak dan intelektual patennya, termasuk promosinya," ucap Sandiaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau