Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Konsumen Hyundai di Semarang Beli Mobil Listrik

Kompas.com - 08/10/2024, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak warga Jakarta yang membeli mobil listrik agar bisa terhindar dari ganjil genap. Tapi, bagaimana dengan konsumen di luar kota, seperti Semarang, yang tidak ada aturan ganjil genap?

Peminat mobil listrik bukan hanya warga Jakarta. Namun, konsumen di kota-kota lainnya juga tertarik untuk memiliki dan mengendarai mobil listrik. Meskipun, kondisi di kotanya tidak semacet Jakarta atau kondisi udaranya juga lebih baik dari Jakarta.

Baca juga: Hyundai Bakal Luncurkan Banyak Model Hybrid di Indonesia

Samsuri Prawiro Haki, Chief Operating Officer Hyundai Maju Motor, diler Hyundai di Semarang, mengatakan, motif orang beli mobil itu ada dua, yakni keinginan dan kebutuhan. Mungkin, di Jabotabek, keinginan tersebut bisa digeser ke kebutuhan.

Hyundai All New Kona ElectricDok. Hyundai Hyundai All New Kona Electric

"Saya mengalami dua karakter konsumen. Jadi, kalau di Jawa Tengah, biasanya bukan pembeli kedua lagi. Bisa jadi pembeli ketiga dan keempat, orangnya lebih kaya," kata Samsuri, kepada wartawan, saat ditemui di Semarang, belum lama ini.

Samsuri menambahkan, jenis pembeliannya juga rata-rata dilakukan secara tunai. Meskipun, harga mobilnya cukup mahal dan tipe yang paling laris adalah tipe yang paling ting
"Jenis pembeliannya rata-rata tunai, walaupun mobilnya cukup mahal, dan tipe yang paling laku adalah yang paling tinggi," kata Samsuri.

Hyundai All New Kona ElectricDok. Hyundai Hyundai All New Kona Electric

Baca juga: Siap Masuk Pasar Hybrid, Hyundai Tidak Keberatan Dibilang Ikuti Toyota

"Kedua, belum mau. Artinya, kan kebutuhannya dari keinginan dulu. Kalau mobil listrik, kan ada keuntungannya juga, dari segi biaya, dari segi kenyamanan, dari segi keheningan, akselerasi dan sebagainya," ujarnya.

Namun, menurut Samsuri, permasalahan yang ditemui oleh pembeli mobil listrik di luar Jakarta adalah infrastruktur. Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) masih sangat terbatas jumlahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau