Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

United Mulai Uji Ketahanan TX3000 Jelang OMR Motor Listrik

Kompas.com - 04/10/2024, 11:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - United E-Motor TX3000 menjadi sepeda motor listrik besutan PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD) yang memiliki spesifikasi tinggi.

Untuk membuktikan performa TX3000, United melakukan uji coba ketahanan dan kekuatan di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, bersama tim Research & Development (R&D) serta berkolaborasi dengan salah satu pebalap motor nasional, M. Iqbal Arifuddin.

Berbagai pengukuran dilakukan guna memperoleh output yang maksimal. Pengujian dilakukan dengan melakukan tes kecepatan dan ketangkasan mengitari lintasan sebanyak 35 lap.

Baca juga: Kuota Subsidi Habis, Cek Harga Motor Listrik di Bawah Rp 20 Juta

Catatan yang didapat, average lap time mencapai 01:21,9. Temperatur pada controller dan battery control unit (BCU) juga diklaim aman meski pengetesan dilakukan pada cuaca panas dan kecepatan tinggi.

Uji ketahanan motor listrik United E-Motor TX3000United E-Motor Uji ketahanan motor listrik United E-Motor TX3000

Head of Marketing Communication UNTD Meilany Suryanata mengatakan, kondisi tersebut bisa tercapai berkat sistem air flow yang bekerja dengan baik untuk mendinginkan ragam komponen penting pada dinamo TX3000.

Selain itu, tentunya sekaligus membuktikan durabilitas dari dinamo TX3000 yang mampu bekerja sangat baik walau dalam kondisi yang cukup ekstrim.

"Hasil endurance test TX3000 sangat memuaskan. Bisa dibilang motor ini bukan sekadar motor listrik biasa, karena ketahanannya teruji dengan baik," ujar Meilany, dalam keterangannya, Kamis (3/10/2024).

Baca juga: MX1200 Jadi Motor Listrik United Paling Laris Tahun Ini

Rangkaian pengetesan yang dilakukan juga merupakan bagian dari persiapan mengikuti ajang one make race (OMR) motor listrik yang digelar United E-Motor pada 12-14 Oktober 2024 di Sirkuit Sentul.

Uji ketahanan motor listrik United E-Motor TX3000United E-Motor Uji ketahanan motor listrik United E-Motor TX3000

Pada ajang OMR yang bersamaan dengan balap motor konversi oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) tersebut, United akan membuka empat kelas sekaligus, yakni untuk TX3000, MT1500, MX1200, serta motor listrik yang baru saja meluncur, yakni Avand SC 121 dan SC 122.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau