Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biasakan Buka Sedikit Kaca Jendela Saat Mobil Parkir Lama

Kompas.com - 02/10/2024, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil yang terparkir lama di garasi tetap membutuhkan perhatian, seperti wajib memanaskan mesin secara berkala agar performanya tetap prima.

Bukan soal mesin, interior mobil yang terparkir lama di garasi juga harus diperhatikan kondisinya. Jangan sampai bagian tersebut kusam karena jamur.

Kelembaban udara di sebagian besar wilayah Indonesia, bisa memicu munculnya jamur dan akan merusak interior seperti jok berbahan kulit dan sejenisnya.

Baca juga: Impresi Desain Interior Toyota Prius PHEV, Bernuansa Mewah dan Sporty


Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan mobil yang terparkir lama di garasi sebaiknya memiliki sirkulasi udara cukup, agar bagian interior tidak mudah kusam.

“Biasakan membuka kaca jendela sedikit sebagai celah atau ventilasi tempat udara bersirkulasi, bila tidak maka kelembaban di dalam kabin dapat memicu munculnya jamur,” ucap Hardi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Hardi mengatakan, bagian interior dengan bahan kulit sangat mudah ditumbuhi jamur. Sehingga, akan membuat tampilannya kusam.

Baca juga: Mengulas Interior BYD Atto 3, Kontras dengan Eksterior

Interior MG 5 GT.MG Motor Indonesia Interior MG 5 GT.

“Bagian interior berwarna cerah bisa menjadi kusam kehitaman, sebenarnya itu jamur, sementara interior warna gelap bisa keputihan atau hijau,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan, untuk membersihkan bagian interior yang berjamur sebenarnya tidak susah. Namun, dikhawatirkan jamur bisa membuat lapisan terluar kulit rusak.

“Dilap bisa mudah hilang, cuma bila dibiarkan terlalu lama bisa merusak permukaan kulit, dengan membuka kaca jendela pertumbuhan jamur bisa diminimalisasi,” ucap Hardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau