Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Kenyamanan Berkendara BYD Atto 3

Kompas.com - 30/09/2024, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BYD Atto 3 memiliki konsep desain eksterior dan interior yang berbeda. Meski demikian, BYD tidak mengesampingkan soal kenyamanan berkendara.

Saat masuk kabin Atto 3, terlihat jok yang digunakan memiliki desain yang cukup dinamis. Selain itu, modelnya yang semi-bucket memiliki bentuk seperti kursi gaming.

Baca juga: Mengulas Interior BYD Atto 3, Kontras dengan Eksterior

Joknya dilapisi dengan material kulit dengan kombinasi tiga warna hitam dan biru dongker, serta aksen merah untuk membuat desainnya terlihat sporty. Saat duduk di atasnya, jok yang model semi-bucket ini membuat penggunanya terasa seperti dipeluk, karena bagian sampingnya cukup lebar.

Interior BYD Atto 3Kompas.com/Adityo Interior BYD Atto 3

Namun, yang menjadi sedikit kekurangan adalah bagian sandaran kepala atau head rest yang tetap. Jadi, tinggi rendahnya tidak bisa disetel. Bagi pengemudi dengan postur tubuh tinggi di atas 165 cm mungkin akan pas dengan sandaran kepalanya.

Selain itu, tidak bisa dilepas juga. Padahal, besi yang ada di head rest bisa digunakan untuk memecahkan kaca dari dalam seandainya pengemudi terjebak di dalam air.

Baca juga: Bahas Desain Eksterior BYD Atto 3, Terlihat Tangguh

Bagian busanya cukup empuk, membuat perjalanan jauh atau lama di dalam mobil tidak begitu melelahkan. Pandangan ke depan, spion, dan samping depan juga tidak terhalang. Akses ke head unit atau tombol lainnya yang ada di konsol tengah juga mudah dijangkau.

Mobil listrik BYD Atto 3Kompas.com/Donny Mobil listrik BYD Atto 3

Pengendara atau penumpang juga diberi kemudahan untuk mengakses fitur pada mobil dengan perintah suara atau voice command. Tapi, perintah suara yang diberikan harus menggunakan bahasa Inggris dan perintah yang disampaikan juga harus jelas.

Namun, yang menjadi catatan adalah jok pada Atto 3 belum disematkan fitur ventilated seat. Fitur ini cukup berguna, khususnya saat berkendara di siang hari dengan kondisi iklim tropis. Padahal, jok dengan ventilated seat sudah ada di Dolphin yang harganya di bawah Atto 3.

Interior BYD Atto 3Kompas.com/Adityo Interior BYD Atto 3

Untuk suspensi, bantingannya tidak terlalu keras. Suspensi Atto 3 mampu meredamnya dengan cukup lembut dan itu dapat dirasakan baik yang ada di baris depan maupun baris belakang.

Setirnya tidak terasa terlalu ringan saat diputar ketika mobil melaju. Berbeda dengan mobil lain yang bisa digerakkan hanya dengan dua jari. Namun, ada sisi positifnya juga, karena mobil jadi terasa lebih menapak dan terasa lebih stabil.

BYD Atto 3 AdvancedBYD Indonesia BYD Atto 3 Advanced

BYD juga memberikan dua mode untuk setir kemudinya, yakni Comfort dan Sport. Mode Comfort menjadi standarnya dan Sport membuat setir sedikit lebih responsif.

Secara keseluruhan, BYD Atto 3 mampu memberikan kenyamanan berkendara yang baik. Kekurangan yang ada juga tidak sampai benar-benar mengganggu kenyamanan di perjalanan.

BYD Atto 3Kompas.com/Adityo BYD Atto 3

Saat ini, BYD Atto 3 ditawarkan dalam dua varian, yakni Advanced (Standard Range) dan Superior (Extended Range). Untuk Atto 3 Advanced, dibanderol Rp 465 juta (OTR Jakarta). Sedangkan Atto 3 Superior, harganya Rp 515 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau