Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Cuma AC, Ini Cara Agar Kabin Starlet Kotak Tetap Dingin

Kompas.com - 01/09/2024, 11:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Starlet generasi pertama yaitu Starlet kotak alias Starko sempat naik lagi belakangan ini. Harga terjangkau dan tampilan masih keren membuatnya banyak dilirik.

Namun namanya mobil lawas pasti ada kendalanya. Maklum Starko eksis dari tahun 1985-1990, artinya model awalnya kini sudah berusia nyaris empat puluh tahun.

Baca juga: Jorge Martin Pimpin Klasemen Usai Sprint Race MotoGP Aragon

Mamang Mawardi, pemilik bengkel spesialis Toyota Starlet yaitu Depok Auto Care, mengatakan, salah satu yang mesti diperhatian pada Starko ialah pendinginan kabin.

Ardhy dengan mobil Toyota Starlet tuanya membuka usaha cafe kelilingKOMPAS.com/Hendra Cipto Ardhy dengan mobil Toyota Starlet tuanya membuka usaha cafe keliling

Kabin Starko bikin gerah. Hal ini karena pertama bisa jadi sistem AC yang kurang sehat dan kedua yaitu sistem isolasi kabin atau peredam yang kurang baik.

Mamang mengatakan, pemilik Starko bisa meningkatkan sistem isolasi kabin dengan menambah wol di bagian plafon atau atap bagian dalam.

“Tujuan kita pasang (pederam) sebab mobil tahun segitu isolasinya masih minim,” ujar Mamang kepada Kompas.com yang ditemui di bengkelnya di Deopk, Jawa Barat, belum lama ini.

Baca juga: Hasil Sprint Race MotoGP Aragon, Spanyol, Marc Marquez Juara

“Kalau kita buka plafon terlihat sekali isolasi atau peredam yang di atas itu minim. Kalau dulu sepertinya cuma buat pereda noise (suara berisik),” ujarnya.

Toyota Starlet kotakFoto: KOMPAS.com/Gregy Toyota Starlet kotak

“Tapi sekarang yang kita butuhkan selain tidak berisik supaya udara di dalam kabin itu tetap terjaga, dengan harapan radiasi panas tidak terlalu ekstrem,” kata Mamang.

Baca juga: Mercedes-Benz EQS Bakal Didiskontinu, Diganti S-Class Electric

Mamang mengatakan, mengganti dan menambahkan peredam di plafon sangat membantu menjaga tingkat kedinginan kabin.

“Kita pakai isolasi yang standar model wol, karena kita harus memperhitung plafon Starko, plafonnya masih model gantung. Jadi kalau paksa pakai peredam yang berat takutnya jatuh. Jadi berisiko,” katanya.

“Jadi pakai model yang materialnya seperti karpet tapi tebal. Ditempel saja pakai lem, dihara[kan panas dari atas itu tidak sampai ke kabin,” kata Mamang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau