Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Lagi Kembangkan Teknologi Strong Hybrid

Kompas.com - 23/08/2024, 13:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki dikabarkan tengah mengembangkan teknologi strong hybrid (Hybrid Electric Vehicle/HEV) untuk kendaraannya di masa depan.

Seperti diketahui, Suzuki memang sudah memiliki kendaraan yang dibekali dengan teknologi HEV, yakni model Suzuki Swift yang belum lama ini meluncur di global. Namun, mesin tersebut menggunakan teknologi hybrid dari Toyota.

Dikutip dari Autocar India, Jumat (23/8/2024), Suzuki disebut sedang mengembangkan teknologi HEV milik sendiri dalam waktu dekat. HEV pertama dari Maruti Suzuki ini nantinya bakal memulai debut menggunakan mesin Z12E yang disematkan pada model Swift.

Baca juga: Impresi Tesla Cybertruck, Dijual Rp 5 Miliar di Indonesia [Video]

Mesin Z12E, dikombinasikan dengan teknologi HEV dan akan memulai debutnya pada Fronx facelift yang siap meluncur tahun depan. Artinya, Fronx kemungkinan bakal menggunakan mesin yang sama dengan Suzuki Swift. Tak hanya itu, kabarnya model Baleno terbaru juga akan mendapatkan mesin berteknologi strong hybrid.

Teknologi mesin HEV Suzuki menawarkan pengaturan hibrida seri yang berbeda dengan teknologi Toyota, secara biaya diklaim lebih murah. Mesin pembakaran internal (mesin bensin/konvensional) nantinya hanya bekerja sebagai generator untuk terus mengisi ulang baterai EV.

Suasana interior Suzuki Swift terbaru di Japan Mobility Show 2023.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Suasana interior Suzuki Swift terbaru di Japan Mobility Show 2023.

Namun, belum diinformasikan secara pasti kapan teknologi strong hybrid dari Suzuki itu akan digunakan pada model-model kendaraannya.

Sementara itu, untuk pasar Indonesia, Suzuki memang memulai elektrifikasi dengan meluncurkan model kendaraan yang dibekali teknologi mild hybrid terlebih dulu. Seperti Ertiga, XL7 hingga Grand Vitara.

Baca juga: Gaya Berkendara yang Harus Dihindari Pengguna Motor Matik agar Awet

Sebelumnya, Deputy Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Dony Ismi Himawan Saputra mengatakan, teknologi Mild Hybrid ini bakal jadi langkah awal perusahaan menuju teknologi yang lebih canggih.

“Ini stepping awal kami ke sana. Nah, dari awal kami akan ada langkah-langkah selanjutnya, termasuk adalah bagaimana kami memperkenalkan BEV untuk Suzuki. Apakah akan ada Strong Hybrid dan sebagainya, tentunya ini strategi korporasi kami yang belum disampaikan saat ini,” ujar Dony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau