Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaca Film Juga Bisa Kurangi Risiko Kecelakaan

Kompas.com - 28/07/2024, 14:41 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Kaca film bukan hanya sekadar aksesori tambahan untuk mobil, melainkan juga memiliki peran penting dalam keselamatan berkendara.

Selain melindungi pengendara dari panas matahari, kaca film yang tepat dapat mengurangi risiko kecelakaan dengan meningkatkan visibilitas dan mengurangi efek silau.

Kaca film, dengan kualitas yang baik, dapat membantu pengemudi melihat dengan lebih jelas, terutama saat menghadapi sinar matahari langsung atau lampu kendaraan dari arah berlawanan di malam hari.

Kesadaran akan pentingnya keselamatan di jalan raya, pemilihan kaca film yang tepat semakin menjadi perhatian utama bagi banyak pengendara.

Baca juga: Daftar Penghargaan Booth, Mobil, dan Motor Terfavorit GIIAS 2024

Menurut Noni, penjual kaca film Coolplus di Tangerang, penggunaan kaca film yang sesuai standar keselamatan tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga meningkatkan faktor keselamatan saat berkendara.

"Kaca film yang baik dapat menolak panas dan mengurangi silau, sehingga pengemudi dapat berkendara dengan lebih nyaman dan aman," kata Noni kepada Kompas.com, Sabtu (27/7/2024).

Noni menjelaskan bahwa banyak pemilik mobil belum menyadari betapa besar pengaruh kaca film terhadap keselamatan mereka di jalan.

Ilustrasi kaca film mobil.Ilham Karim/Kompas.com Ilustrasi kaca film mobil.

"Selain menolak panas, kaca film juga dilengkapi dengan teknologi yang dapat mencegah pecahan kaca menyebar saat terjadi kecelakaan. Ini bisa mengurangi risiko cedera serius," tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Monita Cherline, Head promotion APromotion & Advertising Manager V-Kool Indo Lestari.

"Kaca film yang baik tidak hanya melindungi dari sinar UV dan panas, tetapi juga memperkuat kaca jendela, sehingga mengurangi risiko pecah saat terjadi benturan," ujar Monita.

Baca juga: BYD M6 Jadi Mobil Paling Banyak Dicoba di GIIAS 2024

Dengan peningkatan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara, diharapkan pengendara dapat lebih selektif dalam memilih kaca film. Tidak hanya untuk kenyamanan dan estetika, tetapi juga untuk melindungi diri dan penumpang dari potensi bahaya di jalan.

Pilihan kaca film yang tepat bisa menjadi investasi kecil yang membawa dampak besar bagi keselamatan di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau