Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Pocket Concept Bakal Jadi Motor Listrik Terbaru Honda?

Kompas.com - 23/07/2024, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Honda turut mengenalkan motor Pocket Concept bersamaan dengan Honda Sustaina-C Concept.

Menariknya Pocket Concept hadir di booth Honda Prospect Motor (HPM) yang merupakan agen mobil Honda, bukan di lantai pameran Astra Honda Motor (AHM) yang menjadi produsen sepeda motor Honda di Indonesia.

Sebetulnya bukan hanya Pocket Concept, di booth HPM juga ada motor listrik lipat Motocompacto, bahkan EM1 e: yang sudah resmi dijual di Indonesia.

Baca juga: Harga MPV Listrik BYD M6 Terjangkau, Memang Tanpa Gratis Servis

Honda Sustaina-C Concept dan Pocket Concept di GIIAS 2024.KOMPAS.com/Gilang Honda Sustaina-C Concept dan Pocket Concept di GIIAS 2024.

Saat ditanya mengenai Pocket Concept, Tomoki Yoshida, Assitant Chief Communication Designer, Brand Design Studio, Design Administration Division Honda R&D Co, Ltd Design Center, memastikan bahwa ini adalah motor listrik.

Meski begitu, motor listrik Pocket Concept menurut Yoshida belum dijual, dan masih dalam tahap pengembangan.

“(Pocket Concept) Ini adalah motor listrik, bedanya dengan Motocompacto itu sudah dijual. Sedangkan untuk yang Pocket Concept itu masih dalam tahap penelitian menggunakan bahan akrilik,” ujar Yoshida, kepada Kompas.com di Tangerang (18/7/2024).

Baca juga: Daihatsu Rocky Tampil Beda di GIIAS 2024, Kental Aura Petualang

Motor listrik Pocket Concept di ajang GIIAS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Motor listrik Pocket Concept di ajang GIIAS 2024

Melihat desainnya, Pocket Concept tampil bak motor mungil seperti hanya Honda Monkey atau MSX 125. Padahal motor listrik sebelumnya, yaitu EM1 e: lebih menyerupai skutik.

“Jadi Honda itu tidak membuat satu konsep untuk membuat beberapa motor. Jadi setiap membuat motor, Honda membuat konsep baru, seperti pada motor ini,” ucap Yoshida.

Dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan motor listrik sebelumnya, kuat dugaan kalau motor ini bakal pakai sistem battery charging, bukan swap baterai seperti pada EM1 e: yang pakai Honda Mobile Power Pack e: (MPP e:).

Baca juga: Korlantas Polri Usul Syarat Pengajuan Kredit Kendaraan Diperketat

Motor listrik Pocket Concept di ajang GIIAS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Motor listrik Pocket Concept di ajang GIIAS 2024

“Sekarang masih dalam penelitian, mana baterai yang baik untuk dipakai. Sebenarnya Honda itu ada dua tipe baterai, yaitu tipe charging yang menempel di unit, satu lagi baterai MPP. Jadi belum ada keputusan,” kata Yoshida.

“MPP itu ukurannya besar, kalau pakai baterai ini mau tidak mau ukuran motor harus besar. Tapi itu masih dalam penelitian. Jadi Honda belum ada rencana untuk menjual motor konsep ini,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau