Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Chery Tiggo 8 Bersaing dengan Honda CR-V Turbo

Kompas.com - 12/07/2024, 06:45 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengupas sedikit perbandingan dari segi performa, giliran mengulik fitur-fitur yang akan dibawa Chery Tiggo 8 sebagai pemain baru di segmen SUV 7 penumpang.

Seperti diketahui, pada segmen tersebut Tiggo 8 akan berhadapan langsung dengan Honda CR-V Turbo yang sama-sama menjadi SUV menengah 7 penumpang.

Bahkan kompetisi keduanya saat ini lebih seru karena Tiggo 8 hadir dengan mesin lebih kecil, dibanding Tiggo 8 Pro.

Sebagai pendatang baru, Tiggo 8 bakal dilengkapi beberapa teknologi modern. Salah satunya sembilan fitur keselamatan Advanced Driver-Assistance System (ADAS) yang juga berguna sebagai asistensi ketika berkendara.

Baca juga: Alasan Kenapa Ban Bisa Kempis Ketika Mobil Jarang Dipakai

Tiggo 8KOMPAS.com/STANLY RAVEL Tiggo 8

Fitur pada ADAS tersebut memiliki beragam fungsi, yakni Adaptive Cruise Control (ACC) untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan secara otomatis, Lane Departure Warning (LDW) yang berguna memperingatkan pengemudi jika kendaraan keluar jalur secara tidak sengaja.

Berikutnya ada Forward Collision Warning (FCW) & Automatic Emergency Braking (AEB) (Advanced), yang berguna mendeteksi potensi tabrakan dengan kendaraan di depan, dan secara otomatis melakukan pengereman untuk mencegah atau mengurangi dampak benturan.

Selain itu, ada juta Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Detection (BSD), Traffic Sign Recognition (TSR), Door Open Warning (DOW), serta Intelligent High Beam Control (IHC) yang berfungsi menyesuaikan ketinggian lampu depan berdasarkan kondisi jalan dan keberadaan kendaraan lain, sehingga memberikan visibilitas yang optimal tanpa mengganggu pengemudi lain.

Baca juga: Spesifikasi Chery Tiggo 8, Rival Baru Honda CR-V Turbo

Keberadaan ADAS Tiggo 8 boleh dibilang lebih lengkap, karena memiliki fitur yang lebih beragam dibandingkan teknologi Honda Sensing pada CR-V Turbo.

All New Honda CR-V TurboKompas.com/Nanda All New Honda CR-V Turbo

Seperti diketahui, Honda menyematkan enam fitur pada Honda Sensing, yakni Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruising Control with Low Speed Follow (ACC with LSF), Road Departure Mitigation System (RDM), Auto High Beam with Adaptive Driving Beam (AHB with ADB), serta Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Bicara jumlah airbags, keduanya sama-sama dilengkapi 8 kantong udara yang diklaim mampu memberikan proteksi tak hanya bagi pengendara, tapi juga penumpang di tiap sisi.

Meskipun dari segi fitur yang disajikan Tiggo 8 terasa menggoda, namun bicara soal nama besar, Honda CR-V Turbo masih lebih unggul. Tak heran bila SUV ini masih menjadi idaman bagi sebagian orang.

Baca juga: Cara Aktifkan Mode Manual pada Transmisi Mobil Matik di Pegunungan

Apalagi Honda juga terkenal apik menyajikan sensasi fun to drive pada setiap produknya dari berbagai sisi, seperti performa, handling, sampai kenyamanan.

All New Honda CR-V TurboKompas.com/Nanda All New Honda CR-V Turbo

Namun demikian, Honda juga tak bisa menyepelekan kehadiran Tiggo 8. Pasalnya, SUV yang diklaim hanya untuk pasar Indonesia ini bakal dipasarkan dengan harga lebih terjangkau, yakni di bawah Rp 500 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau