Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Siapkan 64 SPKLU di Tol Trans Sumatera-Jawa untuk Mudik Lebaran

Kompas.com - 07/04/2024, 09:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Untuk perjalanan Mudik Lebaran 2024, banyak orang yang menggunakan mobil listrik. PT PLN (Persero) menyiapkan sejumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), khususnya di Tol Trans Sumatera-Jawa.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, mengatakan, PLN akan menyiagakan total sebanyak 1.124 SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia, tepatnya ada di 819 titik. Khusus untuk jalur mudik utama seperti tol Trans Sumatra-Jawa akan ada tambahan 100 unit SPKLU.

Baca juga: Mobil yang Pakai Roofbox Saat Mudik Masih Aman Lewat Pintu Tol

"PLN telah memetakan secara cermat terkait sebaran SPKLU tersebut. Seperti di tol Trans Sumatra-Jawa, rata-rata jarak antar SPKLU adalah sekitar 23 km," ujar Darmawan, dalam keterangan resminya, belum lama ini.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di PLN Unit Layanan Pelanggan Wates, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kalurahan Wates, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.KOMPAS.COM/DANI JULIUS Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di PLN Unit Layanan Pelanggan Wates, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kalurahan Wates, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Darmawan, jumlah tersebut sangat aman untuk melayani kebutuhan kendararaan lisrik yang rata-rata jarak tempuhnya antara 300-500 km.

PLN telah menyiapkan sebanyak 64 mesin pada 38 titik SPKLU, yang tersebar di sepanjang ruas Tol Trans Sumatera-Jawa dan akan ditambah 100 unit SPKLU dan 3 SPKLU Mobile.

Baca juga: Ragam Promo Servis Mobil Jelang Mudik Lebaran 2024

Untuk Ultra Fast Charging (>50 kW), tersedia 34 unit. Lalu, Fast Charging (>22 s.d 50 kW) ada 6 unit. Sementara Medium Charging (>7 s.d 22 kW), ada 14 unit. Sedangkan Slow Charging (<7 kW), ada 10 unit.

SPKLU Mobile disiapkan untuk mengakomodasi mobilisasi kendaraan listrik di lokasi-lokasi yang belum terjangkau charging station. PLN menyiapkan SPKLU Medium Charging sebanyak 2 unit dan SPKLU Fast Charging Mobile sebanyak 3 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com